Perancangan interior Shining Stars Preschool & Kindergarten di Bintaro, Jakarta (DI - 2503)

Yuwencia, Michelle (2023) Perancangan interior Shining Stars Preschool & Kindergarten di Bintaro, Jakarta (DI - 2503). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
615200027_MICHELLE_Cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
615200027_MICHELLE_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
615200027_MICHELLE_Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
615200027_MICHELLE_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
615200027_MICHELLE_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
615200027_MICHELLE_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
615200027_MICHELLE_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
615200027_MICHELLE_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
615200027_MICHELLE_Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk memberikan anak kesempatan untuk meningkatkan potensi serta kepribadian secara maksimal. Golden Age meruapakan usia yang penting bagi anak dengan alasan anak sedang menjalani proses pertumbuhan dan perkembangan serta peka terhadap lingkungan sekitarnya. Stimulasi panca indra sangat penting dalam merancang interior prasekolah dan taman kanak-kanak (kindergarten) sehingga dapat diaplikasikan melalui elemen-elemen interior. Dalam perancangan interior Shining Stars Preschool & Kindergarten, elemen interior tidak hanya difokuskan kepada visual estetika. Keamanan, kenyamanan dan kesehatan juga merupakah salah satu hal utama yang harus diperhatikan pada saat merancang interior anak usia dini. Panca indra berupa pengelihatan (mata), pendengaran (telinga), peraba (kulit), perasa (lidah), dan penciuman (hidung). Stimulasi panca indra berpengaruh untuk memenuhi kualitas pada pembelajaran maupun pada lingkungan fisik. Lingkungan fisik memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Metode yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan cara pengambilan data primer maupun sekunder. Tujuan dari analisis adalah untuk merancang interior Preschool & Kindergarten Shining Star yang dapat menstimulasi 5 panca indra. Analisis kualitatif menerapkan kriteria yang didapat dari studi pustaka sampai data fisik melalui hasil observasi. Hasil dari penelitian pada Preschool & Kindergarten Shining Stars dapat dicapai melalui penerapan skema warma, penggunaan material, pencahayaan, dan alat pendukung pembelajaran sensori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 18 Dec 2024 05:38
Last Modified: 18 Dec 2024 05:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45308

Actions (login required)

View Item View Item