NATALIE, CHERYSA (2024) ANALISIS PERILAKU FEAR OF MISSING OUT PADA BUDAYA KONSUMFTIF PENGGEMAR K-POP (STUDI PADA PENGGEMAR STRAY KIDS DALAM PEMBELIAN MERCHANDISE). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) CHERYSA NATALIE / 915210015 (B) ANALISIS PERILAKU FEAR OF MISSING OUT PADA BUDAYA KONSUMTIF PENGGEMAR K-POP (STUDI PADA FANBASE STRAY KIDS DALAM PEMBELIAN MERCHANDISE) (C) xvii+116 hlm, Tahun 2024, tabel 2, gambar 5, Lampiran 3 (D) ADVERTISING Abstrak: Perkembangan pesat media sosial pada beberapa tahun terakhir telah mengubah cara individu berinteraksi dan mengakses informasi. Hal ini turut berkontribusi pada munculnya budaya populer, seperti K-Pop. Penggemar K-Pop dikenal memiliki loyalitas yang tinggi pada idolanya. Mereka bersedia untuk mengesampingkan kebutuhan pribadinya untuk membeli berbagai produk yang berhubungan dengan idolanya. Lalu, penggemar juga aktif mendukung idola yang mereka sukai melalui media sosial. Namun, adanya platform media sosial seringkali membuat penggemar K-Pop menghabiskan waktu berjam-jam di depan perangkat mereka dan menimbulkan fenomena adiksi media sosial. Salah satu fenomena yang kerap muncul karena penggunaan media sosial berlebih adalah fear of missing out atau yang biasa disebut FOMO, yaitu perasaan takut ketinggalan tren atau pengalaman tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku fear of missing out (FOMO) dalam budaya konsumtif pada penggemar Stray Kids. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi, penelitian ini mengeksplorasi pengalaman subjektif penggemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan komunitas penggemar memainkan peran dalam tekanan sosial untuk mengikuti tren. Penggemar merasakan adanya tekanan serta dorongan dari media sosial yang membuat mereka menjadi FOMO dan mendorong penggemar untuk berperilaku konsumtif, yang diwujudkan melalui aspek pembelian impulsif, pemborosan, dan mencari kesenangan dalam membeli merchandise idolanya. Kata Kunci: Fear of Missing Out, Budaya Konsumtif, Penggemar K-Pop, Media Sosial (E) DAFTAR PUSTAKA: 11 (buku), 34 (jurnal), 5 (thesis), 2 (webpage)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 06:54 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 06:54 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |