FEBRYANTI, SEFIRA (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM LAPINEA CAFE). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) SEFIRA FEBRYANTI / 915210050 (B) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM LAPINEA CAFE) (C) 18 + 78 hlm, Tahun 2024, Tabel 3, Gambar 1, Lampiran 19 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak: Pada tahun 2024 terdapat lebih dari 3000 cafe dan restoran yang berkembang di Bandung, banyak cafe hits yang popular di kalangan Masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi PR Lapinea Cafe dalam memanfaatkan Instagram untuk membangun kepercayaan konsumen di era maraknya cafe hits Bandung. Lapinea Cafe tidak memiliki divisi khusus Public Relations (PR), namun peran PR dijalankan oleh staf Digital Marketing sebagai bagian dari technique of communication. Staf ini bertanggung jawab mengelola akun Instagram @lapineacafe dengan mengunggah konten informatif dan persuasif seperti repost unggahan konsumen dan testimoni untuk membangun kepercayaan konsumen. Penelitian ini menggunakan teori dan konsep komunikasi dua arah menurut Lasswell, strategi PR menurut Cutlip, dan pemanfaatan media sosial menurut Kaplan dan Heinlein. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram menjadi media komunikasi utama Lapinea Cafe dalam membangun kepercayaan konsumen. Strategi yang diterapkan mencakup penggunaan fitur Instagram seperti stories, reels, dan repost konten konsumen untuk menciptakan komunikasi dua arah. Strategi digunakan untuk menarik perhatian dan membangun kredibilitas, sebagaimana diungkapkan oleh konsumen yang merasa yakin untuk berkunjung setelah melihat konten di Instagram. Strategi ini menunjukkan bahwa media sosial tidak hanya berfungsi sebagai alat promosi, tetapi juga sebagai sarana menciptakan hubungan emosional yang kuat dengan konsumen. Kata Kunci: Instagram, Public Relations sebagai Technique of Communication, Kepercayaan Konsumen (E) DAFTAR PUSTAKA: 2 buku, 31 jurnal (F) Dr. Yugih Setyanto. S.Sos.,M.Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 07:48 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 07:48 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |