MANAJEMEN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN CITRA PEMERINTAH KOTA (STUDI KASUS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HUMAS_KOTA_TANGERANG)

MANIERY, ERZA ODELIA (2024) MANAJEMEN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN CITRA PEMERINTAH KOTA (STUDI KASUS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HUMAS_KOTA_TANGERANG). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) ERZA ODELIA MANIERY (B) MANAJEMEN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN CITRA PEMERINTAH KOTA (STUDI KASUS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HUMAS_KOTA_TANGERANG) (C) xix + 95 hlm, Tahun 2024, tabel 3, gambar 3, Lampiran 8 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak: Sebagai pelayan publik, pemerintah harus memberikan informasi secara akurat dan efisien. Oleh karena itu, media sosial penting bagi pemerintah daerah untuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat. Komunikasi publik melalui media sosial mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya sebagai media informasi tetapi juga untuk membangun citra pemerintah. Penulisan ini berfokus pada komunikasi publik yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang untuk membangun image yang baik melalui Instagram. Khususnya bagaimana pengelolaan Instagram @humas_kota_tangerang diterapkan dalam membangun citra pemerintah daerah. Penulisan ini juga sebagai evaluasi akademis terhadap komunikasi publik di pemerintah daerah yang penting untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang baik. Penulisan dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada penanggung jawab Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintahan Kota Tangerang, analis publikasi, dan pakar pengelolaan media sosial. Pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik observasi non partisipan, serta analisis dokumentasi konten yang dipublikasikan. Hasil penulisan ini diharapkan dapat menggambarkan bagaimana pengelolaan media sosial berkontribusi terhadap pembentukan citra pemerintah, khususnya dalam rangka membangun transparansi, kepercayaan masyarakat, dan partisipasi masyarakat melalui media sosial sebagai ruang dialog. Dengan demikian, temuan penulisan ini nantinya dapat memberikan rekomendasi akademis bagi kajian pengelolaan media sosial, serta rekomendasi praktis bagi pemerintah daerah untuk mengoptimalkan strategi komunikasi melalui media sosial guna mendorong pelayanan publik yang inklusif dan partisipatif. Kata Kunci: Pengelolaan Media Sosial, Komunikasi Publik, Citra Pemerintah. (E) DAFTAR PUSTAKA: 13 buku, 21 jurnal (F) DR. RIRIS LOISA, M.SI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:55
Last Modified: 30 Jan 2025 03:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45695

Actions (login required)

View Item View Item