PERILAKU KONSUMEN GEN Z DALAM VIRAL MARKETING SPOTIFY WRAPPED 2023

STEFHAN, ZORRY (2024) PERILAKU KONSUMEN GEN Z DALAM VIRAL MARKETING SPOTIFY WRAPPED 2023. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) ZORRY STEFHAN / 915210122 (B) PERILAKU KONSUMEN GEN Z DALAM VIRAL MARKETING SPOTIFY WRAPPED 2023 (C) xx+105 hlm, Tahun 2024, table 2, gambar 9, Lampiran 4 (D) ADVERTISING Abstrak: Kemajuan teknologi telah mendorong popularitas layanan streaming musik, dengan Spotify sebagai salah satu platform utama yang menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang dipersonalisasi. Kampanye tahunan Spotify Wrapped, yang memungkinkan pengguna untuk membagikan kebiasaan mendengarkan musik mereka di media sosial, telah menjadi fenomena menarik perhatian, terutama di kalangan Gen Z. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku konsumen Gen Z terkait kampanye Spotify Wrapped 2023, khususnya dalam konteks viralitas di media sosial. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini menggali bagaimana faktor budaya, pribadi, sosial, dan psikologis membentuk keterlibatan Gen Z dalam membagikan Spotify Wrapped mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya Fear of Missing Out (FoMO) berperan dalam mendorong partisipasi dengan tren, meskipun tidak semua individu merasa tertekan oleh budaya tersebut. Dari perspektif pribadi, preferensi musik yang mencerminkan identitas diri menjadi pendorong utama, dengan pengakuan terhadap genre populer seperti K-pop. Secara sosial, pengaruh teman sebaya dan teman dari komunitas lebih signifikan dibandingkan figur publik dalam membangun rasa penasaran dan mendorong keterlibatan. Faktor psikologis, seperti keinginan untuk menonjolkan identitas dan membangun koneksi sosial, juga ditemukan menjadi motivasi penting. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Gen Z, Viral Marketing, Spotify Wrapped (E) DAFTAR PUSTAKA: 8 buku (2013-2021), 12 jurnal (2014-2023), 4 website (2022-2024), 3 skripsi, tesis, disertasi (2021-2022). (F) FARID S.S., M.S

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:13
Last Modified: 03 Feb 2025 02:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45747

Actions (login required)

View Item View Item