DEWINTA, PUTRI (2024) MANAJEMEN ISU DALAM PENERAPAN STRATEGI E-GOVERNMENT PUBLIC RELATION DINAS KOMINFO KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) PUTRI DEWINTA/915210149 (B) MANAJEMEN ISU DALAM PENERAPAN STRATEGI GOVERNMENT PUBLIC RELATION DINAS KOMINFO KOTA BOGOR (C) XVI+100 hlm, Tahun 2024, 2 tabel, 5 gambar, 3 Lampiran (D) PUBLIC RELATION Abstrak: Manajemen Isu adalah proses strategis untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan merespons isu-isu yang dapat mempengaruhi organisasi, dengan tujuan mengatasi masalah sebelum menjadi krisis. Strategi E-Government Public Relations adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan partisipasi publik dalam layanan dan kebijakan. Peneliti akan meneliti masalah isu publik terkait sampah di Kota Bogor, dengan fokus pada bagaimana Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengelola manajemen isu tersebut menggunakan strategi e-Government Public Relations dengan teori new media. New media adalah terminologi yang digunakan untuk menggambarkan perubahan besar dalam produksi, distribusi, dan penggunaan media yang bersifat teknologis, konvensional, dan budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Diskominfo Kota Bogor mengidentifikasi isu dari berbagai sumber seperti media sosial dan laporan masyarakat. Diskominfo Kota Bogor menganalisis urgensi dan dampak isu, memantau respons masyarakat, dan menentukan prioritas penanganan. Strategi manajemen isu melibatkan kolaborasi dengan dinas terkait dan penggunaan media sosial untuk menyebarkan informasi. Tindakan konkret termasuk koordinasi lapangan dan publikasi. Diskominfo juga menangani komentar negatif dengan jawaban positif. Evaluasi efektivitas dilakukan dengan memantau tanggapan masyarakat, dan saran untuk peningkatan mencakup perluasan kehadiran di media sosial dan variasi metode komunikasi. Kata Kunci: E- Government,Isu, Manajemen (E) DAFTAR PUSTAKA: 25 Jurnal (F) DiahAyu Candraningrum S.T.M.B.A., M.Si (G) Dr. Sinta Paramita, SIP.,MA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 07:27 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 07:27 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |