STRATEGI KOMUNIKASI ANTARA PEMASOK DENGAN PENGECER DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA GUNA MENCAPAI HUBUNGAN YANG BAIK (STUDI LAPANGAN DIVISI MODERN TRADE PT. X)

Bryan, Bryan (2024) STRATEGI KOMUNIKASI ANTARA PEMASOK DENGAN PENGECER DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA GUNA MENCAPAI HUBUNGAN YANG BAIK (STUDI LAPANGAN DIVISI MODERN TRADE PT. X). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) Bryan/915210156 (B) Strategi Komunikasi Antara Suplier Dengan Retail Dalam Meningkatkan Kerja Sama Guna Mencapai Keuntungan (C) XIII+ 62 hlm, Tahun 2024, Lampiran 2 (D) Public Relations Abstrak: Suplier bertanggung jawab menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen melalui jaringan retail. Di sisi lain, retail berperan sebagai penghubung antara suplier dan konsumen akhir. Hubungan ini, jika dikelola dengan baik melalui komunikasi yang efektif, dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, di mana suplier dapat meningkatkan distribusi produknya, dan retail dapat memperoleh keuntungan dengan menyediakan produk yang dibutuhkan konsumen secara tepat waktu.Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang digunakan untuk meneliti obyek dalam kondisi alamiah. Di sini, peneliti menjadi instrumen utama, data dikumpulkan dengan teknik triangulasi, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian lebih menekankan pada makna daripada generalisasi. Metode kualitatif adalah seperangkat metode untuk menganalisis dan memahami lebih dalam makna dari banyak individu atau kelompok, yang dianggap sebagai masalah kemanusiaan atau masalah sosial. Hal ini juga berkaitan dengan hasil temuan yang dilakukan oleh peneliti yakni, Memelihara hubungan kerja sama yang baik dan berkelanjutan antara suplier dan retail memerlukan pendekatan dua tahap, yaitu secara profesional dan personal. Tahap pertama, hubungan profesional harus dijaga dengan konsistensi, misalnya dengan selalu merespons pertanyaan, menangani masalah dengan cepat, dan memberikan pelayanan yang baik secara berkelanjutan. Konsistensi ini penting agar kepercayaan terbentuk, memungkinkan untuk melangkah ke tahap kedua.1. Komunikasi Profesional: 1. Menjaga konsistensi dalam tanggapan, pelayanan, dan pemenuhan kebutuhan teknis seperti pengiriman barang yang tepat waktu, pengelolaan faktur yang efisien, dan pemenuhan pesanan (PO). 2. Menyediakan program-program yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan retailer, seperti promosi atau insentif bergilir. 3. Menjaga keterbukaan dalam menyampaikan kendala teknis dan administratif untuk membangun kepercayaan. Kata Kunci:Strategi ,Komunikasi ,Retail, (E) DAFTAR PUSTAKA: 1 (buku), 19 (jurnal) (F) Dr. Yugih Setyanto. S.Sos., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:08
Last Modified: 03 Feb 2025 08:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45773

Actions (login required)

View Item View Item