KOMPARASI PEMBINGKAIAN PEMBERITAAN PERNYATAAN JOKO WIDODO TERKAIT KAMPANYE DALAM PEMILU 2024 (STUDI KASUS PADA DETIK.COM DAN VIVA.CO.ID)

Salim, Richard Neilson (2024) KOMPARASI PEMBINGKAIAN PEMBERITAAN PERNYATAAN JOKO WIDODO TERKAIT KAMPANYE DALAM PEMILU 2024 (STUDI KASUS PADA DETIK.COM DAN VIVA.CO.ID). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) Richard Neilson Salim/915210159 (B) Komparasi Pembingkaian Pemberitaan Pernyataan Joko Widodo Terkait Kampanye Dalam Pemilu 2024 (Studi Kasus Pada Detik.com dan Viva.co.id) (C) 110 hlm, Tahun 2024, 10 table, gambar 6, Lampiran 14 (D) Jurnalistik Abstrak: Pada tahun 2024, Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Umum Legislatif (Pilpres). Beragam pemberitaan seputar ketiga pasangan calon dan berbagai aktor politik lainnya telah menghiasi jalannya pesta demokrasi ini. Salah satu berita yang menarik perhatian adalah pernyataan kontroversial dari Presiden Joko Widodo Mengenai presiden yang diperbolehkan berkampanye dan berpihak. Pernyataan ini disampaikan saat menghadiri penyerahan pesawat C-130J Super Hercules dari Kementerian Pertahanan ke TNI AU di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu, 24 Januari 2024. Pernyataan tersebut menimbulkan reaksi pro dan kontra di masyarakat, tidak hanya itu, media massa juga memberitakan pernyataan Joko Widodo tersebut. Salah satunya media online Detik.com dan Viva.co.id. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui analisis framing detik.com dan viva.co.id terhadap pemberitaan pernyataan Joko Widodo mengenai presiden yang diperbolehkan berkampanye dan berpihak dalam pemilu 2024. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan analisis framing Pan dan Kosicki. Metode pengumpulan data observasi, penelusuran data daring, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberitaan di Detik.com dan Viva.co.id terkait pernyataan Joko Widodo mengenai izin presiden untuk berkampanye dan berpihak dalam Pemilu 2024, terdapat perbedaan yang signifikan dalam gaya penulisan, pendekatan berita, dan fokus konten. Detik.com menampilkan berita dengan gaya formal dan langsung, menekankan penyampaian fakta serta argumentasi hukum yang jelas, disertai kutipan langsung dari narasumber untuk memperkuat legitimasi pernyataan. Sebaliknya, Viva.co.id mengedepankan narasi dan analisis yang lebih mendalam, memberikan konteks yang lebih luas mengenai implikasi politik dari pernyataan tersebut serta reaksi dari berbagai pihak. Hal ini dapat mempengaruhipersepsi publik terhadap calon presiden. Kata Kunci:Joko Widodo, Berkampanye, Berpihak, Pemilu 2024 (E) DAFTAR PUSTAKA: 15 buku, 6 jurnal, 14 Website (F) Farid S.S,. M.Si. (G) -

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 Feb 2025 02:46
Last Modified: 04 Feb 2025 02:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45785

Actions (login required)

View Item View Item