AZIZAH, TARISHA WARDAH (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF MAKEUP ARTIST DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN TERHADAP ONLINE CLASS MAKEUP SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAAN (STUDI KASUS CHLOROPHYLLAMAKEUP). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) Tarisha Wardah Azizah / 915210214 (B) KOMUNIKASI PERSUASIF MAKEUP ARTIST DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN TERHADAP ONLINE CLASS MAKEUP SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN (STUDI KASUS CHLOROPHYLLAMAKEUP) (C) 126 hlm, Tahun 2024, table 2, gambar 5, Lampiran 4 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak: Pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia telah meningkatkan kebutuhan akan alternatif pembelajaran makeup, seperti online class makeup. Meski menawarkan kemudahan dan fleksibilitas, masih banyak calon peserta yang ragu terhadap kualitas pengajaran dan minimnya interaksi langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi persuasif yang digunakan oleh makeup artist dalam membangun kepercayaan peserta terhadap online class makeup sebagai alternatif pembelajaran. Menggunakan konsep komunikasi persuasif, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus pada Chlorophyllamakeup. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Chlorophyllamakeup menggunakan beberapa teknik komunikasi persuasif, seperti teknik asosiasi, integrasi, ganjaran, tataan dan red-herring. Teknik asosiasi menghubungkan kebutuhan peserta dengan solusi yang ditawarkan, seperti ketahanan makeup dalam kondisi ekstrem. Teknik integrasi menciptakan hubungan personal dengan peserta melalui komunikasi yang intensif dan berkelanjutan. Ganjaran diberikan dalam bentuk rekaman video, e-modul, sertifikat, dan hadiah tambahan. Teknik tataan memastikan materi tersampaikan secara terstruktur dan mudah dipahami. Teknik red-herring dengan mengarahkan fokus peserta dan calon peserta pada hasil nyata. Komunikasi persuasif ini berhasil membangun kepercayaan peserta, menciptakan loyalitas, dan memperluas jangkauan promosi melalui testimoni di media sosial. Kata Kunci: Komunikasi persuasif, kepercayaan peserta, online class makeup, makeup artist (E) DAFTAR PUSTAKA: 30 jurnal (2015-2023), 3 website (2021-2024), 6 skripsi, tesis, disertasi (2018-2023). (F) Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 03:33 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 03:33 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |