FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA GENERASI Z DALAM MENGIKUTI TREND TIKTOK UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN SOSIAL.

Andini Fahsya, Nur Kholizha Putri (2024) FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA GENERASI Z DALAM MENGIKUTI TREND TIKTOK UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN SOSIAL. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) NUR KHOLIZHA PUTRI ANDINI FAHSYA / 915210215 (B) Fenomena Fear Of Missing Out (Fomo) Pada Generasi Z Dalam Mengikuti Trend Tiktok Untuk Memenuhi Kebutuhan Sosial. (C) XCI + 91 hlm, Tahun 2024 , table 6, gambar 9, Lampiran 3 (D) Public Relations Abstrak: Fenomena Fear Of Missing Out (FOMO) berkaitan dengan rasa takut ketinggalan terhadap suatu informasi, pengalaman, aktivitas ataupun trend terkini, perasaan FOMO ini memicu psikologis seseorang yaitu menimbulkan rasa cemas, iri, khawatir, gelisah, dan lain sebagainya. Penelitian ini mengkaji fenomena Fear Of Missing Out (FOMO) yang dialami generasi Z dalam mengikuti trend di platform Tiktok sebagai upaya memenuhi kebutuhan sosial yang dilatarbelakangi oleh semakin maraknya penggunaan Tiktok di kalangan generasi Z dan pengaruhnya terhadap perilaku sosial mereka. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori psikologi komunikasi, teori terpaan media, dan teori new media. Analisis data dilakukan menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik new media seperti fiturfitur unik yang interaktif dan terpaan konten secara terus-menerus di platform tiktok menimbulkan FOMO pada generasi Z. Generasi z memenuhi kebutuhannya dengan mengikuti trend terbaru untuk mendapatkan pengakuan sosial atau keinginan ingin diterima dalam kelompok yang berasal dari konten viral dari new media yang mempercepat siklus trend tersebut. Dari aspek psikologi, Fenomena FOMO ini menimbulkan kecemasan sosial, perilaku v kompulsif untuk selalu ingin melihat konten trending, dan ketergantungan pada penggunaan platform Tiktok. Kata Kunci: Fomo, Generasi Z, Kebutuhan Sosial, New media, Psikologi komunikasi, Terpaan media, Tiktok. (E) DAFTAR PUSTAKA: 11 (buku), 29 (jurnal) (F) Ahmad Junaidi, S.S., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:41
Last Modified: 05 Feb 2025 03:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45818

Actions (login required)

View Item View Item