Kurnia Putri, Banafsha Shafa (2024) Peranan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Penanganan Keluhan Pelanggan (Studi di Resto Dion). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) Banafsha Shafa Kurnia Putri (915210259) (B) Peranan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Penanganan Keluhan Pelanggan (Studi di Resto Dion) (C) xvii + 91 hlm, Tahun 2024, tabel 14, gambar 10, Lampiran 2 (D) Public Relations Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan CRM dalam menangani keluhan pelanggan resto. Penelitian dilaksanakan di Restoran Dion Jakarta. CRM merupakan bentuk kualitas layanan yang diukur melalui indikator CRM dalam penggunaan teknologi, komunikasi, kemudahan, wawasan dan empati terhadap pelanggan resto, menangani keluhan dengan cepat, menyelesaikan keluhan dengan adil dan wajar, serta mempermudah komunikasi. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan Restoran Dion dengan metode survei yang melibatkan 82 pelanggan restoran sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur efektivitas komunikasi CRM, dalam penanganan keluhan pelanggan restoran Dion. Analisis regresi linear digunakan untuk menguji hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi CRM secara signifikan memengaruhi penanganan keluhan pelanggan. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan formula Hair et al. (2010), rumus yang digunakan N x 5, sehingga menghasilkan 8 indikator x 10 = 80 responden. Sebanyak 82 responden (100%) dianalisis. Hasil regresi menunjukkan bahwa CR berpengaruh positif signifikan terhadap KP, dengan nilai R Square 0,452, mengindikasikan bahwa 45,2% variasi dalam keluhan - keluhan dapat dijelaskan oleh CRM. Korelasi Pearson antara CRM dan KP sebesar 0,672 menunjukkan hubungan positif yang kuat. Kata Kunci : Komunikasi, Customer Relationship Management (CRM), Penanganan Keluhan Pelanggan, Resto Dion Jakarta. (E) Daftar Pustaka : Buku, Jurnal, Skripsi, Sumber online. (F) Rezi Erdiansyah Drs., M.S., Dr
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 07:08 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:08 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |