Mirela, Andrina (2022) Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
Fulltext - Andrina Mirela.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Permulaan tahun 2020 merupakan awal mulai munculnya penyakit covid-19 yang menyebabkan pemerintah membatasi aktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, masyarakat menjadi melakukan kegiatan berbelanja secara online. Khususnya remaja, perilaku konsumtif dapat terjadi karena adanya faktor konformitas dimana individu memiliki keinginan diterima di suatu kelompok. Penelitian ini mengkaji Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Partisipan terdiri dari laki-laki dan perempuan yang berusia 18-22 tahun dengan jumlah partisipan sebanyak 333 partisipan. Alat ukur yang digunakan adalah variabel konformitas dan variabel perilaku konsumtif. Metode penelitian kuantitatif dilakukan dengan teknik purposive sampling. Peneliti melakukan uji korelasi menggunakan Rho Spearman dan memperoleh hasil sebesar .573 dan nilai p = .000. Hal tersebut menggambarkan bahwa semakin tinggi konformitas pada remaja, maka semakin tinggi perilaku konsumtifnya dan begitu juga sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konformitas, Perilaku Konsumtif, Remaja |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:21 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:21 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |