Kathleen, Elisabeth (2021) Hubungan antara Perfeksionisme dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Belajar secara Daring Akibat Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
Fulltext - Elisabeth Kathleen.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Prokrastinasi adalah suatu fenomena yang kerap ditemukan di kalangan mahasiswa. Prokrastinasi yang dilakukan dalam bidang pendidikan dikenal sebagai istilah prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang belajar secara daring akibat pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat korelasional yang melibatkan 366 partisipan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Alat pengukuran yang digunakan untuk mengukur variabel adalah Multidimensional Perfectionism Scale yang disusun oleh Hewitt dan Flett; dan Tuckman Procrastination Scale yang disusun oleh Tuckman. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-oriented perfectionism dengan prokrastinasi akademik, hubungan positif yang signifikan antara socially prescribed perfectionism dengan prokrastinasi akademik, dan tidak adanya hubungan yang signifikan antara other-oriented perfectionism dengan prokrastinasi akademik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perfeksionisme, prokrastinasi akademik, mahasiswa, pembelajaran daring, pandemi COVID-19 |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 06 May 2025 02:53 |
Last Modified: | 06 May 2025 02:53 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |