Hubungan antara Self-Efficacy dengan Self-Disclosure pada mahasiswa di Instagram

Kirana, Maria Anggita (2022) Hubungan antara Self-Efficacy dengan Self-Disclosure pada mahasiswa di Instagram. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Maria Anggita Kirana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hubungan antara self-efficacy dengan self-disclosure pada mahasiswa yang menggunakan media sosial Instagram. Menurut Bandura (2001), self-efficacy merupakan sebuah sarana dalam diri seseorang yang memotivasi ketekunan dalam menghadapi kesulitan, menjaga kekonsistenan, serta sebagai sarana untuk memiliki kesadaran diri. Self-efficacy dibutuhkan dalam diri mahasiswa agar dapat menghadapi permasalahan akademik secara positif. Sheldon & Bryant (2015) mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial Instagram digunakan sebagai sarana menunjukkan kreativitas, serta untuk meraih popularitas. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa yang masuk ke dalam rentang usia 18-25 tahun yang memiliki media sosial di Instagram. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling nonprobabilitas. Data yang didapatkan diolah menggunakan SPSS dan mengungkapkan bahwa pada Mahasiswa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara self-efficacy dengan self-disclosure pada media sosial Instagram. Data juga mengungkapkan bahwa setiap dimensi dari self-efficacy dan self-disclosure memiliki hubungan signifikan dan positif, hal ini menunjukkan bahwa seiring bertambahnya self-efficacy yang dimiliki mahasiswa, maka perilaku self-disclosure juga akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, self-disclosure, mahasiswa, Instagram
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 May 2025 07:57
Last Modified: 06 May 2025 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46588

Actions (login required)

View Item View Item