Penonton Mukbang Sebagai Konsumen Budaya Pop: Suatu Analisis Psikografis

Dwi, Gracia (2022) Penonton Mukbang Sebagai Konsumen Budaya Pop: Suatu Analisis Psikografis. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Gracia Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan gaya hidup penonton Mukbang sebagai konsumen budaya pop berdasarkan analisis psikografis. Penelitian deskriptif kuantitatif ini memiliki total responden sebanyak 127 orang [Di dominasi perempuan sebanyak 91 partisipan senilai 71.7% dalam kelompok usia (15-25 tahun) sebanyak 108 orang atau 85%, mayoritas berasal dari wilayah Jabodetabek, berpendidikan sarjana atau sederajatnya sebanyak 83 orang senilai 65.4%, sebagian besar tidak bekerja sebanyak 65 orang senilai 51.2%, berstatus lajang/bujangan/tidak menikah sebanyak 117 partisipan senilai 92.1%, rerata berpendapatan Rp 1.000.000 sampai Rp.5.000.000, memiliki hobi menonton siaran/tayangan (streaming atau video pada aplikasi media online) sebanyak 103 partisipan dengan persentase 80.5% dan kulineran/makan sebanyak 100 responden atau 78.1%]. Terdapat satu survei dan satu alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yakni psikografis (berpedoman VALS untuk mengukur gaya hidup seseorang) dan The Big Five Inventory untuk melihat pola kepribadian setiap partisipan. Pengolahan data dilakukan pada aplikasi SPSS 25 dan program analisis statistik tambahan (Microsoft Excel). Peneliti mengurutkan hasil pengkategorian lima dimensi dari The Big Five Inventory berdasarkan nilai rerata (mean) dari tingkat penggolongan tertinggi sampai terendah, diantaranya Agreeableness (3.94), Extraversion (3.8), Conscientiousness (3.6), Openness (3.31) dan Neuroticism (3.26) (AECON). Kemudian, pada crosstabs untuk lima dimensi Big Five Inventory berdasarkan demografi menghasilkan tingkat kategori sedang (jenis kelamin mayoritas pada perempuan, kelompok usia terbanyak terdapat pada 15 sampai 25 tahun, berpendidikan sarjana atau sederajatnya, dan berstatus lajang/bujangan/tidak menikah). Namun, pada hasil crosstab pekerjaan terdapat dimensi agreeableness terbanyak pada kriteria bekerja, sedangkan dimensi lainnya rerata dengan kriteria tidak bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Psikografis, Big Five Inventory, Konsumen Budaya Pop, Penonton Mukbang
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 May 2025 01:22
Last Modified: 07 May 2025 01:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46596

Actions (login required)

View Item View Item