Peran School Burnout terhadap Kualitas Tidur dengan Self-Control sebagai Mediator (Studi pada Mahasiswa pada masa Pandemi COVID-19)

Putri, Mutiara Rizki Kinanti (2022) Peran School Burnout terhadap Kualitas Tidur dengan Self-Control sebagai Mediator (Studi pada Mahasiswa pada masa Pandemi COVID-19). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fultext - Mutiara Rizki Kinanti Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 terdapat suatu kebijakan baru yang diberlakukan, salah satunya ialah melakukan kegiatan belajar dari rumah. Hal ini tentu membuat mahasiswa melakukan adaptasi dengan pembelajaran secara daring. Berdasarkan penelitian selanjutnya, diketahui bahwa pembelajaran secara daring membuat mahasiswa mengalami burnout. School burnout yang tinggi memiliki hubungan yang signifikan dengan kualitas tidur yang buruk. Kualitas tidur yang buruk juga dapat dikaitkan dengan pengendalian diri yang rendah pada individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran school burnout terhadap kualitas tidur dengan self-control sebagai mediator pada mahasiswa. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 406 mahasiswa yang terdiri dari 166 laki-laki dan 240 perempuan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrument School Burnout Inventory (SBI), Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan Self-Control Scale yang telah diadaptasi. Pengolahan data melakukan uji regresi dengan variabel mediator. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peran signifikan pada variabel school burnout terhadap kualitas tidur dengan self-control sebagai mediator pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: school burnout, kualitas tidur, self-control, mahasiswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 May 2025 01:52
Last Modified: 07 May 2025 01:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46602

Actions (login required)

View Item View Item