Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Stres Akademik Mahasiswa dalam Menjalani Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Setiawan, Maria Vilory Tiara (2022) Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Stres Akademik Mahasiswa dalam Menjalani Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fultext - Maria Vilory.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran daring menimbulkan banyak permasalahan dan tuntutan pembelajaran yang harus dihadapi mahasiswa sehingga mahasiswa rentan mengalami stres akademik. Untuk dapat mengatasi tekanan akibat tuntutan akademik, mahasiswa perlu mengembangkan kemampuan regulasi emosi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan stres akademik mahasiswa dalam menjalani pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional dan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 230 partisipan yang merupakan mahasiswa aktif di seluruh universitas di Indonesia, terdiri dari 68 laki-laki dan 162 perempuan dengan rentang usia 20-25 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah Emotion Regulation Questionnaire dan Educational Stress Scale for Adolescent. Berdasarkan uji korelasi menggunakan teknik korelasi Pearson diperoleh nilai r(230) = 0.159, p = 0.016 < 0.05. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara regulasi emosi dengan stres akademik, yang berarti tingginya regulasi emosi diikuti dengan tingginya stres akademik dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi, stres akademik, mahasiswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 May 2025 01:54
Last Modified: 07 May 2025 01:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46603

Actions (login required)

View Item View Item