Aliviani, Cita (2022) Hubungan Autonomy-Supportive Teaching dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Jakarta yang menjalani Pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
Fulltext - Cita Aliviani.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan autonomy-supportive teaching dengan prokrastinasi akademik siswa SMA Jakarta yang menjalani Pembelajaran Jarak Jauh. Autonomy-supportive teaching merupakan salah satu metode pembelajaran yang di mana guru memahami sudut pandang siswa dengan cara menunjukkan keinginan untuk mendengarkan pendapat siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat memilih dan memutuskan suatu hal yang berkaitan dengan kegiatan di kelas, serta memberikan alasan yang rasional ketika menyampaikan materi, memberikan tugas, maupun dalam menetapkan suatu aturan (Rohinsa et al., 2019). Sedangkan, prokrastinasi akademik adalah suatu kecenderungan yang dilakukan untuk menunda aktivitas dan perilaku terkait sekolah (McCloskey & Scielzo, 2015). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu purposive sampling dan snowball sampling dalam pengambilan sampel yang dilakukan secara online. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 169 orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Jakarta dengan rentang usia 15-18 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Learning Climates Questionnaire (LCQ) untuk mengukur autonomy-supportive teaching dan Academic Procrastination Scale (APS) untuk mengukur prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa autonomy-supportive teaching memiliki hubungan negatif dengan prokrastinasi akademik dengan nilai r = -.187 dan p= .015. Hal ini berarti semakin tinggi autonomy-supportive teaching diterapkan, maka semakin rendah prokrastinasi akademik yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | autonomy-supportive teaching, prokrastinasi akademik, siswa sma, pembelajaran jarak jauh |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 07 May 2025 02:09 |
Last Modified: | 07 May 2025 02:09 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |