Gambaran Regulasi Emosi dalam Mengajar pada Guru SMP di Masa Pandemi Covid-19

Wijaya, Christina Hany (2022) Gambaran Regulasi Emosi dalam Mengajar pada Guru SMP di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Christina Hany Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi emosi dalam mengajar pada guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di masa pandemi Covid-19. Sejak ditetapkannya pembelajaran secara daring atau dikenal sebagai pembelajaran jarak jauh, hal ini menimbulkan tantangan baru bagi guru. Dalam proses menghadapi tantangan tersebut, regulasi emosi menjadi salah satu faktor penentu dalam menunjang proses pembelajaran daring. Regulasi emosi merupakan cara individu untuk mengontrol emosinya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis snowball sampling yang dilakukan secara online. Penelitian ini melibatkan 395 responden yang berprofesi sebagai guru SMP yang mengajar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang terdiri dari 149 pria dan 246 wanita. Alat ukur yang digunakan adalah Emotion Regulation Questionnaire (ERQ). Penelitian ini memperoleh hasil nilai mean empirik regulasi emosi sebesar 5.736, yang artinya regulasi emosi guru SMP tergolong sangat tinggi. Hal tersebut bermakna bahwa guru SMP sangat mampu untuk mengontrol emosinya baik dengan strategi cognitive reappraisal; yaitu mengubah pola pikirnya maupun dengan expressive suppression, yaitu memendam emosinya dalam menghadapi suatu situasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi, guru smp, dewasa awal
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 May 2025 03:13
Last Modified: 07 May 2025 03:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46616

Actions (login required)

View Item View Item