Pengaruh Modal Psikologis terhadap Academic Engagement Mahasiswa Universitas X

Crisostomus, Yohanes (2022) Pengaruh Modal Psikologis terhadap Academic Engagement Mahasiswa Universitas X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Yohanes Crisostomus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting pada saat ini. Selama menempuh pendidikannya, tentunya mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai yang diukur dengan prestasi akademiknya. Dalam banyak penelitian terdahulu, disimpulkan bahwa prestasi akademik dipengaruhi oleh berbagai faktor, dimana salah satunya adalah academic engagement. Terdapat beberapa faktor personal yang dapat mempengaruhi academic engagement, misalnya self-efficacy, hope, dan optimism. Faktor-faktor tersebut merupakan bagian dari modal psikologis. Berdasarkan referensi tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh modal psikologis terhadap academic engagement pada mahasiswa Universitas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik regresi, dimana pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah adalah Psychological Capital Questionnaire dan Utrecht Work Engagement Scale-Student. Sebanyak 333 partisipan dengan rentang usia 18 tahun hingga 24 tahun terlibat dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis regresi antara modal psikologis dengan academic engagement, diperoleh hasil nilai F (1.310) = 86.997, nilai p = 0.000, dan nilai R2 = 0.219. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh modal psikologis yang signifikan sebesar 21.9% terhadap academic engagement mahasiswa Universitas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: modal psikologis, academic engagement, mahasiswa, universitas
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 May 2025 03:20
Last Modified: 07 May 2025 03:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46619

Actions (login required)

View Item View Item