Daud, Muhammad Yusuf Rafi (2022) Hubungan self-efficacy dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
Fulltext - Muhammad Yusuf Rafi Daud.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dampak penyebaran wabah COVID-19 turut berdampak dalam dunia pendidikan, sehingga pembelajaran dilakukan secara daring. Motivasi belajar adalah hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan pembelajaran via daring. Self-efficacy adalah kontributor penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self-efficacy dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini melibatkan 317 partisipan, yang terdiri dari 133 laki-laki dan 184 perempuan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif-non experimental yang bersifat korelasional. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS dengan teknik Spearman Rank Correlation Coefficient, memperoleh nilai r= 0,687 , p= 0,000 < 0.05. Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-efficacy, motivasi belajar, mahasiswa |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:24 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:24 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |