Hubungan self-efficacy dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19

Daud, Muhammad Yusuf Rafi (2022) Hubungan self-efficacy dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Muhammad Yusuf Rafi Daud.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dampak penyebaran wabah COVID-19 turut berdampak dalam dunia pendidikan, sehingga pembelajaran dilakukan secara daring. Motivasi belajar adalah hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan pembelajaran via daring. Self-efficacy adalah kontributor penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self-efficacy dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini melibatkan 317 partisipan, yang terdiri dari 133 laki-laki dan 184 perempuan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif-non experimental yang bersifat korelasional. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS dengan teknik Spearman Rank Correlation Coefficient, memperoleh nilai r= 0,687 , p= 0,000 < 0.05. Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, motivasi belajar, mahasiswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 May 2025 03:24
Last Modified: 07 May 2025 03:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46622

Actions (login required)

View Item View Item