Hanny, (2022) Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
Fulltext - Hanny.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self efficacy dengan prestasi akademik pada mahasiswa di masa pandemic COVID-19. Self Efficacy merupakan hasil proses kognitif berupa keputusan dan keyakinan sejauh mana indivdu memperkirakan kemampuannya dalam menguasai situasi dan menghasilkan sesuatu yang positif (Bandura, 1997). Prestasi akademik adalah gambaran keberhasilan keberhasilan mahasiswa dalam menguasai pengetahuan yang hasilnya berupa nilai tes atau numerik (Feng et al., 2013). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melihat korelasi non-eksperimental. Penelitian ini juga melibatkan 385 responden terdiri atas 169 laki laki dan 216 perempuan yang tersebar di seluruh Indonesia. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Self Efficacy kuisioner yang dibuat oleh Jovita dan Wijaya pada tahun 2015 dari Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara.. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS dengan teknik korelasi Spearman antara self efficacy dengan prestasi akademik, memperoleh nilai r (385) = 0.444, p = 0.000, p < 0.05. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dengan prestasi akademik, di mana ketika self efficacy meningkat, maka prestasi akademik turut meningkat dan begitupun sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | online learning, self efficacy, prestasi akademik |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:28 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:28 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |