Pasaribu, Ravie Keynaldi (2023) Gambaran Hardiness Mahasiswa Baru Pada Masa Pembelajaran Hybrid di Universitas X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
Fulltext - Ravie Keynaldi Pasaribu.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran hybrid menggabungkan pertemuan perkuliahan secara offline (tatap muka) dengan online. Dalam kegiatan pembelajaran hybrid, mahasiswa di lokasi yang berbeda, bahkan pada beberapa tempat, sedangkan lainnya online, dapat terlibat dalam pembelajaran di ruang belajar Bersama (Bulow, 2021). Bagi mahasiswa baru yang mengalami masa transisi dari siswa kemudian menjadi mahasiswa. Keadaan inilah yang membuat mahasiswa baru merasa tertekan. Selain itu, dalam kaitannya dengan pertemanan, tentulah di masa pandemi yang sebelumnya dilakukan secara online, membatasi pertemuan langsung, menyebabkan sulit untuk mengenal dan mengetahui sifat dan karakteristik emosional satu sama lain, oleh karena interaksi sosial yang terbatas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran hardiness mahasiswa baru pada masa pembelajaran hybrid yang mendapatkan responden sebanyak 208 partisipan. Pengambilan data ini dilakukan melalui kuesioner online via google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas alat ukur hardiness dengan nilai α = .726. Berdasarkan perhitungan nilai rata ratapada sejumlah 208 partisipan diketahui bahwa hardiness dapat dikatakan cenderung hamper seimbang dengan mean empiris 2.39 yang lebih rendah dari mean hipotetik sebesar 3.28. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa baru di Universitas X mengalami hardiness yang tidak terlalu tinggi namun tidak terlalu rendah, dalam arti seimbang pada masa pembelajaran hybrid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gambaran hardiness mahasiswa baru, pembelajaran hybrid |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 07 May 2025 06:22 |
Last Modified: | 07 May 2025 06:22 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |