Kamila, Najla Marsha (2023) Hubungan Antara Self-regulated learning Dengan Stres Akademik Pada Siswa SMK Di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
Fulltext - Najla Marsha Kamila.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan stres akademik pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jakarta. Self-regulated learning adalah suatu perencanaan belajar yang melibatkan pikiran, perasaan, dan perilaku individu untuk mencapai tujuan belajarnya. Stres akademik adalah respon negatif terhadap tuntutan akademik yang mempengaruhi kognisi, emosi, dan perilaku. Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 414 siswa sekolah menengah kejuruan di wilayah Jakarta. Alat ukur yang digunakan adalah Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dari Pintrich et al (1990) dan telah diadaptasi oleh Ananda (2020) dan skala Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) dari Sun et al (2011) dan telah diadaptasi oleh Muhtadini (2018). Hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi (p) < 0,05, r = -0,188. Hal ini berarti ada hubungan negatif antara self-regulated learning dengan stres akademik pada siswa SMK di Jakarta. Artinya, semakin tinggi self-regulated learning, maka semakin rendah stres akademik. Sebaliknya, semakin tinggi stres akademik maka semakin rendah self-regulated learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Regulated Learning, Stres Akademik, Siswa SMK |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 07 May 2025 06:26 |
Last Modified: | 07 May 2025 06:26 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |