Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMK di Jakarta

Katim, Amalia Putri Dwi Utami (2023) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMK di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Amalia Putri Dwi Utami Katim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMK di Jakarta. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan seseorang dalam mengendalikan emosi untuk mengatur kehidupannya. Prokrastinasi akademik adalah penundaan yang dilakukan individu pada bidang akademik. Melalui pendekatan kuantitatif dan teknik purposive sampling, penelitian ini dilakukan terhadap 385 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur skala kecerdasan emosi dari Goleman (2000) dan skala prokrastinasi akademik dari Ferrari et al. (1995). Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan korelasi (r) = -0.561 dengan signifikansi (p) = 0.000, hal ini berarti terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosi dengan prokrastinasi akademik. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi maka semakin tinggi prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Prokrastinasi Akademik, Siswa SMK
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 May 2025 06:43
Last Modified: 07 May 2025 06:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46656

Actions (login required)

View Item View Item