Khaira, Dhanisa (2024) Hubungan antara Pola Asuh Permissive dengan Self-Confidence pada Generasi Z. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
Fulltext - Dhanisa Khaira.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Salah satu peranan dan tanggung jawab orang tua adalah melakukan pengasuhan pada anak. Dalam melalukan pengasuhan, karakteristik anak, karakteristik orang tua dan faktor lainnya menentukan gaya pengasuhan itu sendiri. Salah satunya pada orang tua yang menerapkan pola asuh permissive, karena gaya pengasuhan akan berdampak pada karakteristik anak. Bagi orang tua mengasuh anak merupakan tantangan tersendiri, tak terkecuali pada orang tua yang mengasuh anak Gen Z yang sangat lekat dengan teknologi. Dimana, salah satu hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan diri pada Generasi Z masih tergolong sedang dan masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permisif dengan kepercayaan diri Generasi Z. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan teknik purpose sampling dengan menggunakan dua alat ukur antara lain, skala ukur Pola Asuh Permisif yang dan Personal Evaluation Inventory. Subjek penelitian ini merupakan 386 Generasi Z yang termasuk dalam remaja akhir dengan rentang usia 17 – 20 tahun. Seluruh data yang diperolah dianalisis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya hubungan positif dan signifikan antara pola asuh permisif dengan self-confidence pada Generasi Z dengan nilai korelasi sebesar 0.689 dan nilai signifikansi <0.001.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Permisif, Self-Confidence, Generasi Z |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:59 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:59 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |