Vanetta, Karen (2024) Peran Self-Control terhadap Prokrastinasi Akademik (Studi pada Mahasiswa di Wilayah Jabodetabek). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
Fulltext - Karen Vanetta.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran self-control terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa di wilayah Jabodetabek. Self-control, yang didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk mengendalikan pikiran, emosi, dan perilaku, diduga memiliki peran signifikan dalam mengurangi kecenderungan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik yaitu perilaku menunda pelaksanaan aktivitas akademik telah menjadi fenomena umum di Jabodetabek dan berpotensi berdampak buruk pada kualitas akademik mahasiswa maupun lembaga pendidikan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian kuantitatif non-eksperimen yang melibatkan 140 mahasiswa dari berbagai universitas di Jabodetabek, dengan usia rata-rata 21.07 tahun (SD = 1.04) dan mayoritas partisipan perempuan (71.4%). Pengumpulan data partisipan dilakukan menggunakan dua instrumen utama yaitu Brief Self-Control Scale (BSCS) dan Academic Procrastination Scale-Short Form (APS-S). Hasil menunjukkan bahwa self-control dapat memprediksi penurunan prokrastinasi akademik. Temuan ini bermanfaat untuk memberikan wawasan terkait perlunya meningkatkan self-control dalam mengatasi permasalahan prokrastinasi akademik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-control, prokrastinasi akademik, mahasiswa, Jabodetabek |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 08 May 2025 09:00 |
Last Modified: | 08 May 2025 09:00 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |