Scoping Review: Dampak Self-Regulated Learning pada Mahasiswa

Amelia, Aulya Rizqi (2024) Scoping Review: Dampak Self-Regulated Learning pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Aulya Rizqi Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Mahasiswa memerlukan kemampuan self-regulated learning (SRL) agar mampu bertahan dan sukses di bidang akademis. SRL merupakan suatu proses dinamis ketika pelajar mengaktifkan dan mempertahankan tindakan, pikiran, dan emosinya untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan oleh individu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merangkum literatur yang ada mengenai dampak SRL pada mahasiswa. Scoping review ini dilaksanakan dan dilaporkan berdasarkan pedoman Preferred Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analyses extension for Scoping Reviews (PRISMA-ScR). Sebanyak enam database dilibatkan dalam proses pencarian literatur yang relevan dengan menggunakan kata kunci seperti “self-regulated learning” dan “college / university student”. Sebanyak 654 artikel yang terbit di antara tahun 2014 dan 2024 teridentifikasi. Seleksi literatur dilakukan berdasarkan enam kriteria inklusi dan tiga kriteria eksklusi, serta dievaluasi untuk mengetahui kelayakannya berdasarkan empat kriteria (partisipan, kerangka teoretis, pengukuran, dan hasil penelitian). Berdasarkan kriteria inklusi, eksklusi, dan kelayakan; diperoleh 16 artikel. Dari enam belas artikel tersebut, diperoleh sebanyak 12 dampak SRL. Keduabelas dampak SRL tersebut dikategorisasi berdasarkan teori ekologi yang terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu personal, microsystem, dan mesosystem. Dengan mengetahui berbagai dampak SRL pada mahasiswa, diharapkan para penyelenggara atau praktisi pendidikan tinggi dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya memberikan bimbingan untuk meningkatkan/mempertahankan kemampuan SRL mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, mahasiswa, pendidikan tinggi, scoping review
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 May 2025 03:03
Last Modified: 09 May 2025 03:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46737

Actions (login required)

View Item View Item