Peranan Impostor Syndrome Sebagai Moderator Dalam Hubungan Antara Resiliensi Dengan Motivasi Pada Mahasiswa Berprestasi

Anyelir, Nanda Putri (2024) Peranan Impostor Syndrome Sebagai Moderator Dalam Hubungan Antara Resiliensi Dengan Motivasi Pada Mahasiswa Berprestasi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Nanda Putri Anyelir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Impostor Syndrome sebagai moderator dalam hubungan antara resiliensi dengan motivasi pada mahasiswa berprestasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan partisipan sebanyak 385 mahasiswa aktif berusia 18–25 tahun yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,5. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring menggunakan alat ukur Resiliensi Akademik, Work Extrinsic and Intrinsic Motivation Scale (WEIMS), dan Clance Impostor Phenomenon Scale (CIPS). Analisis data dilakukan dengan regresi Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi (r= 0.565, p= 0.000), sedangkan impostor syndrome memiliki pengaruh negatif terhadap motivasi (r= -0.211, p= 0.000). Sebagai moderator, impostor syndrome memperlemah hubungan antara resiliensi dengan motivasi. Hal ini mengindikasikan bahwa mahasiswa berprestasi dengan impostor syndrome tinggi cenderung mengalami penurunan motivasi meskipun memiliki resiliensi yang kuat. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori psikologi pendidikan, khususnya dalam memahami dinamika resiliensi, motivasi, dan impostor syndrome pada mahasiswa berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Motivasi, Impostor Syndrome, Mahasiswa Berprestasi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 May 2025 08:40
Last Modified: 09 May 2025 08:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46762

Actions (login required)

View Item View Item