Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Angkutan Udara Yang Menderita Kerugian Akibat Pembatalan Penerbangan Sepihak Oleh Pt. Mandala Airlines (Contoh Kasus : Putusan No. 01/Pkpu/2011/Pn.Niaga.Jkt.Pst.) / oleh Agnes Lim

LIM, AGNES (2013) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Angkutan Udara Yang Menderita Kerugian Akibat Pembatalan Penerbangan Sepihak Oleh Pt. Mandala Airlines (Contoh Kasus : Putusan No. 01/Pkpu/2011/Pn.Niaga.Jkt.Pst.) / oleh Agnes Lim. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

abstrak (A)Nama: Agnes Lim (NIM: 205090043) (B) Judul Skripsi: Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Angkutan Udara Yang Menderita Kerugian Akibat Pembatalan Penerbangan Sepihak Oleh Pt. Mandala Airlines (Contoh Kasus : Putusan No. 01/Pkpu/2011/Pn.Niaga.Jkt.Pst.) (C) Halaman: ix + 74 + 23 + 2013 (D) Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen Angkutan Udara dan Ganti Kerugian. (E) Isi: Transaksi barang ataupun jasa seringkali menimbulkan sengketa antara pelaku usaha dengan konsumen. Kelemahan konsumen sampai saat ini adalah tingkat kesadaran yang masih rendah akan hak-haknya sebagai konsumen, sehingga perlu adanya perlindungan hukum bagi konsumen agar pelaku usaha dapat bersikap jujur dan bertanggungjawab khususnya apabila konsumen menderita kerugian akibat menggunakan jasa yang diperjualbelikan. Seperti halnya yang terjadi pada kasus pembatalan penerbangan sepihak oleh PT. Mandala Airlines pada tahun 2011. Akibat adanya pembatalan penerbangan sepihak, PT. Mandala Airlines memberikan ganti kerugian berupa saham kepada para kreditur konkuren yang terdiri dari penumpang, agen perjalanan dan pihak terkait lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen angkutan udara yang menderita kerugian akibat pembatalan penerbangan sepihak dan keabsahan ganti rugi berupa saham oleh PT. Mandala Airlines. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah normatif, dimana bahan hukum primer yang digunakan terdiri dari UUD 1945, UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 Tahun 2011 serta KUHPer. Berdasarkan hasil analisis, pemberian ganti rugi berupa saham oleh PT. Mandala Airlines akibat pembatalan penerbangan sepihak untuk para penumpang yang menderita kerugian tidak sah dan perlindungan hukum bagi konsumen PT. Mandala Airlines tidak tercapai. Karena itu perlu kesadaran para pelaku usaha agar dapat memberikan ganti rugi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga hak-hak konsumen dapat terjamin. (F)Acuan: 23 (1981-2013)(G)Pembimbing: Dr. Amad Sudiro, S.H.,M.H.,M.M.(H)Penulis: Agnes Lim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:10
Last Modified: 23 Jul 2018 07:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item