Masalah Etika dalam Budaya Partisipatori Virtual pada Sub-Komunitas Maya (Studi terhadap Komentar Interaktif Komunitas Youtube pada Video Grup Band Hijau Daun)

Loisa, Riris (2011) Masalah Etika dalam Budaya Partisipatori Virtual pada Sub-Komunitas Maya (Studi terhadap Komentar Interaktif Komunitas Youtube pada Video Grup Band Hijau Daun). Karya Ilmiah Dosen. pp. 1-20.

[img] Text
1251-2938-1-PB.pdf - Published Version

Download (488kB)

Abstract

Aktivitas remaja di dalam dunia maya memberikan ruang dan bentuk baru bagi mereka untuk saling terhubung, terlibat dalam diskursus publik, serta belajar berbagai hal yang tidak terbayangkan sebelumnya. Saat ini, Youtube merupakan salah satu bentuk media komunitas berbasis konten yang populer bagi para remaja. Pesan-pesan audio visual yang diunggah di dalam Youtube kepada komunitas interaktif ini, memungkinkan berkembangnya budaya partisipatori virtual. Makalah ini akan mengkaji suatu situs video grup Band Hijau Daun di dalam Youtube, yang sejak diunggah pada tahun 2008, telah diakses lebih dari lima juta kali dan mendapatkan komentar lebih dari dua ribu kali. Video ini mengundang kontroversi berkelanjutan di dalam komunitas Youtube tersebut. Makalah ini akan mengidentifikasi sub-sub komunitas di dalam video Grup Hijau Daun di Youtube dan menggambarkan etika di dalam budaya partisipatori virtual situs tersebut. Identifikasi sub-komunitas dilakukan berdasarkan analisis konten dengan statistik sederhana, sementara itu etika di dalam budaya partisipatori virtual dianalisis berdasarkan pemaknaan terhadap komentar-komentar yang disampaikan. Kata kunci: etika, budaya partisipatori virtual dan sub-komunitas maya.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Apr 2017 01:09
Last Modified: 25 Apr 2017 01:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item