Media Relations dan Transparansi Informasi (Tinjauan Terhadap Kesiapan Badan Publik Dalam Pemberlakuan UU Keterbukaan Informasi Publik)

Susanto, Eko Harry (2010) Media Relations dan Transparansi Informasi (Tinjauan Terhadap Kesiapan Badan Publik Dalam Pemberlakuan UU Keterbukaan Informasi Publik). Karya Ilmiah Dosen.

Full text not available from this repository.

Abstract

Reformasi politik yang mengunggulkan demokratisasi informasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menghendaki pelayanan kepada publik yang lebih lebih baik. Dalam kerangka kebebasan pers dan upaya menciptakan masyarakat informasi yang memiliki hak dalam mengawasi jalannya pemerintahan, maka munculnya Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dapat menjadi payung hukum masyarakat, dalam mencari, memilih sumber dan menyalurkan informasi yang dapat dipercaya. Berbagai informasi, terutama yang terikat ataupun dikuasai oleh badan – badan publik, harus dikelola sejalan secara transparan dan memberikan hak kepada masyarakat sebagai pemohon atau pengguna informasi publik. Pada konteks ini, yang paling sering dihadapi oleh badan publik, khususnya lembaga pemerintah adalah, para wartawan yang mencari berita tentang kinerja kekusaan negara dalam menangani beragam masalah. Namun demikian, tidak bisa diabaikan bahwa, secara faktual tidak mudah menjalankan peraturan yang terkandung dalam UU KIP yang mengunggulkan transparansi, mengingat lembaga pemerintah terbiasa dalam hegemoni kerahasiaan, berjenjang dan birokratis. Karena itu, dalam menjalankan transparansi informasi, lembaga pemerintah sebagai badan publik, harus berusaha secara serius untuk mempersiapkan diri membentuk unit kerja pengelola informasi publik, yang didukung oleh kelayakan sistem informasi dan dokumentasi, serta berpihak kepada kepentingan pengguna informasi yang proporsional. Dengan demikian hubungan lembaga pemerintah dengan media massa pun dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci : Transparansi, Badan Publik, Media Relations, Pengguna Informasi

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Apr 2017 02:22
Last Modified: 25 Apr 2017 02:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item