Ideologi Dalam Konteks Komunikasi Politik (Kajian Semiotik Terhadap Iklan Nasional Demokrat Versi Himne)/Fellicia Evelline Hasang

Fellicia, Hasang Evelline (2011) Ideologi Dalam Konteks Komunikasi Politik (Kajian Semiotik Terhadap Iklan Nasional Demokrat Versi Himne)/Fellicia Evelline Hasang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang iklan Nasional Demokrat versi ?Himne? yang diluncurkan oleh organisasi masyarakat Nasional. Nasional Demokrat yang merupakan organisasi masyarakat yang ingin mewujudkan ?Restorasi Indonesia? untuk semua bidang kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Secara kasat mata, ketika melihat iklan Nasional Demokrat versi ?Himne? ini tidak banyak menampilkan segi politik dalam tayangan maupun kata-kata dalam iklannya. Hal ini dikarenakan politik bersifat abstrak, tetapi bisa dilihat dari simbol-simbol yang digunakan dalam iklan tersebut. Oleh karena itu, penulis menggunakan semiotik Roland Barthes untuk mengungkapkan komunikasi atau mitos politik apa saja yang sebenarnya terkandung dalam gambar dan kata-kata dalam iklan tersebut. Dengan demikian, bisa terlihat bahwa ada maksud politik yang ingin disampaikan oleh Nasional Demokrat kepada seluruh masyarakat Indonesia lewat iklannya tersebut. Kata kunci: Iklan, Ideologi Politik, Semiotik Roland Barthes, Simbol, Mitos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Ideologi Politik, Semiotik Roland Barthes, Simbol, Mitos
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Jul 2018 05:35
Last Modified: 25 Jul 2018 05:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/5029

Actions (login required)

View Item View Item