Peranan Public Relations Dalam Mencapai Efektivitas Situs Jejaring Sosial Facebook Di PT. Berjaya Sally Ceria/Amelia Laurenza

Amelia, Laurenza (2011) Peranan Public Relations Dalam Mencapai Efektivitas Situs Jejaring Sosial Facebook Di PT. Berjaya Sally Ceria/Amelia Laurenza. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai peranan Public Relations dalam mencapai efektivitas situs jejaring sosial Facebook di PT. Berjaya Sally Ceria. PT. Berjaya Sally Ceria menggunakan dan mengelola Facebook Page Sour Sally melalui divisi Public Relations yang berada di bawah departemen Marketing Communications, PR, dan Sales untuk berkomunikasi dan lebih dekat dengan para konsumennya. Efektivitas Facebook Page Sour Sally pun tidak terlepas dari peranan Public Relations Sour Sally sebagai fasilitator komunikasi, yang memfasilitasi komunikasi antara manajemen PT. Berjaya Sally Ceria dan publik eksternalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan sejauh mana efektivitas Facebook Page Sour Sally yang dicapai atas peranan Public Relations Sour Sally sebagai fasilitator komunikasi terhadap publik eksternal di PT. Berjaya Sally Ceria. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dan sekaligus metode regresi yang bertujuan untuk mempelajari hubungan dan pengaruh antara peranan Public Relations Sour Sally sebagai fasilitator komunikasi dan efektivitas Facebook Page Sour Sally. Populasi pada saat penelitian ini dilakukan adalah 142.088. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengajukan hipotesis bahwa semakin besar peranan Public Relations sebagai fasilitator komunikasi, semakin besar efektivitas situs jejaring sosial Facebook dalam penyampaian pesan. Metode analisis yang digunakan adalah: 1) metode analisis eksplanatif kuantitatif untuk menjelaskan hubungan antara satu variabel dengan variabel melalui hasil kuantitatif; 2) melakukan uji validitas dengan corrected item-total correlation dan uji reabilitas yaitu Cronbach?s Alpha > 0,60; dan 3) metode analisis untuk menguji hipotesis dilakukan dengan uji regresi linier sederhana dan juga uji-t, dan menghasilkan nilai R-Square sebesar 69,2% yang berarti peranan Public Relations sebagai fasilitator komunikasi mempengaruhi efektivitas Facebook Page Sour Sally dengan presentase sebesar 69,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima, baik berdasarkan uji regresi linier sederhana di mana nilai p-value 0,000 < 0,05 maupun berdasarkan uji-t di mana thitung = 14,844 > ttabel = 1,980. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa efektivitas situs jejaring sosial Facebook dicapai atas peranan Public Relations sebagai fasilitator komunikasi terhadap publik eksternal di PT. Berjaya Sally Ceria, di mana semakin besar peranan Public Relations Sour Sally, semakin besar efektivitas situs jejaring sosial Facebook Page Sour Sally dalam penyampaian pesan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:59
Last Modified: 25 Jul 2018 06:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item