Plagiarisme Iklan (Studi Kasus Iklan Tory Cheese Cracker dan United Parcel Service (UPS) Versi Speed Dalam Kajian Semiotik)/ Christina Alfiani

Alfiani, Christina. (2011) Plagiarisme Iklan (Studi Kasus Iklan Tory Cheese Cracker dan United Parcel Service (UPS) Versi Speed Dalam Kajian Semiotik)/ Christina Alfiani. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Biro iklan dipercaya oleh klien untuk membuat suatu iklan yang menarik tentang produk mereka. Iklan dibuat semenarik mungkin agar konsumen mau melihat iklan tersebut hingga akhirnya membeli produk. Iklan terus mengalami evolusi baik dari segi kreativitas ataupun media. Seringkali evolusi yang terjadi bersinggungan dengan apa yang telah ada sebelumnya. Tanpa disadari, iklan yang dibuat menjadi mirip dengan iklan yang pernah ada sebelumnya. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari analisis semiotik Charles Sanders Pierce terhadap kemungkinan terjadinya plagiarisme iklan dalam studi kasus iklan Tory Cheese Cracker dan United Parcel Service (UPS) versi ?Speed?. Adapun teori yang dipakai adalah teori semiotik segitiga pemaknaan oleh Charles Sanders Pierce, yang dikaitkan dengan teori plagiarisme. Metode penelitian yang penulis gunakan untuk skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berusaha menggambarkan suatu gejala sosial, yaitu plagiarisme yang ditelaah melalui studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara serta dokumentasi. Wawancara dilakukan pada narasumber terkait studi kasus, dan dokumentasi yang diperoleh berupa data-data dari berbagai sumber. Berdasarkan analisis segitiga pemaknaan C. S. Peirce terhadap kasus TVC Tory Cheese Cracker dan Glico Pretz, hanya terjadi plagiarisme gagasan. Dalam hal ini, belum dapat digolongkan sebagai plagiarisme berat sehingga tidak dikenai sanksi oleh Dewan Periklanan Indonesia. Berdasarkan analisis segitiga pemaknaan C. S. Peirce terhadap kasus iklan media ambien UPS versi ?Speed? dan karya seni ?Pedestrian? oleh Ryan Johnson, ditemukan plagiarisme seutuhnya, karena terjadi peniruan tanpa mengungkapkan pencipta aslinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Jul 2018 08:03
Last Modified: 25 Jul 2018 08:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item