Tanggung Jawab Perusahaan Penerbangan Terhadap Penumpang Yang Menggunakan Tiket Milik Orang Lain Dalam Kecelakaan Pesawat Udara (Studi Kasus Kecelakaan Garuda Indonesia GA-200 di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta Tahun 2007)/ oleh Yuda Tri Pagrelia

PAGRELIA, YUDA TRI (2011) Tanggung Jawab Perusahaan Penerbangan Terhadap Penumpang Yang Menggunakan Tiket Milik Orang Lain Dalam Kecelakaan Pesawat Udara (Studi Kasus Kecelakaan Garuda Indonesia GA-200 di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta Tahun 2007)/ oleh Yuda Tri Pagrelia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

abstrak (A) Nama : YUDA TRI PAGRELIA; NIM: 205060122 (B) Judul Skripsi : Tanggung Jawab Perusahaan Penerbangan Terhadap Penumpang Yang Menggunakan Tiket Milik Orang Lain Dalam Kecelakaan Pesawat Udara (Studi Kasus Kecelakaan Garuda Indonesia GA-200 di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta Tahun 2007) (C) Halaman : vii + 96 + 2 daftar pustaka + lampiran; 2011 (D) Kata Kunci : Penumpang yang namanya tidak terdaftar, ganti rugi (E) Isi : Kecelakaan penerbangan pesawat GA-200 di Yogyakarta telah menimbulkan jatuhnya korban baik yang meninggal maupun yang luka-luka. Dalam proses identifikasi, terdapat ketidakcocokan antara daftar penumpang dengan korban kecelakaan sehingga menyulitkan pada proses identifikasi sebagaimana ditemukan nama Morgan tidak ada dalam daftar penumpang. Begitu juga dengan nama Munawaroh dan Yuliana yang mengalami luka-luka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggungjawab perusahaan penerbangan terhadap penumpang yang menggunakan tiket milik orang lain dalam kecelakaan pesawat udara Garuda Indonesia Ga-200 Di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta Tahun 2007? Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini metode penelitian hukum normatif dengan didukung wawancara. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Garuda Indonesia bertanggungjawab terhadap korban meninggal, cacat tetap atau luka-luka pada kecelakaan peswat Garuda GA-200 di Yogyakarta meskipun ada penumpang yang memiliki tiket yang namanya tidak sesuai, namun karena alasan kemanusiaan penumpang tersebut tetap mendapatkan ganti rugi yang didasarkan pada ketentuan Pasal 43 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1992 dan juga masih didasarkan pada Ordonansi Pengangkutan Udara sepanjang tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1992. Mengenai batas ganti rugi didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1995, namun dalam hal jumlah ganti rugi tidak selalu mutlak mengikuti ketentuan PP tersebut. Realisasinya, dalam hal kematian atau lukanya penumpang yang disebabkan karena kesalahan pengangkut, PT. Garuda Indonesia memberikan ganti rugi lebih besar dari jumlah yang ditentukan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1995. Prinsip tanggung jawab yang digunakan PT. Garuda Indonesia adalah prinsip absolute liability. Meskipun ketentuan mengenai ganti rugi dalam Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 1995 cenderung lebih menguntungkan pihak pengangkut, sebaiknya dengan hal tersebut pengangkut tetap berlaku adil dan sebisa mungkin memberikan pelayanan yang memuaskan bagi penumpang. (F) Daftar acuan : 23 (1972-2011) (G) Dosen Pembimbing : Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., (H) Penulis : Yuda Tri Pagrelia DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR i DAFTAR ISI iv ABSTRAK vi DAFTAR SINGKATAN vii BAB I : PENDAHULUAN 1 A.latar Belakang 1 B.Permasalahan 9 C.Tujuan dan Kegunaan Penelitian 10 D.Kerangka Konseptual 11 E.Metode Penelitian 17 F.Sistematika Penulisan 19 BAB II : KERANGKA TEORETIS 22 A.Pengangkutan Udara 22 B.Dokumen Angkutan Udara 24 C.Pihak-Pihak Yang Terlibat Dalam Pengangkutan Udara 36 D.Periode Tanggung Jawab Dalam Pengangkutan Udara 39 E.Subjek dan Objek Pengangkutan 40 F.Prinsip-prinsip Tanggung Jawab Pengangkut Dalam Hukum Pengangkutan 42 G.Besarnya Ganti Kerugian Dalam Pengangkutan Udara 46 BAB III: DATA HASILPENELITIAN 49 A.Perkembangan PT. Garuda Indonesia (Persero) 49 B.Maksud dan Tujuan PT. Garuda Indonesia (Persero) 56 C.Visi dan Misi PT. Garuda Indonesia (Persero) 58 D.Struktur Pengurus PT Garuda Indonesia (Persero) 59 E.Kronologis Kecelakaan Pesawat Garuda Indonesia di Yogyakarta 67 F.Pendapat Nara Sumber 72 BAB IV :ANALISIS 78 BAB V :PENUTUP 95 A.Kesimpulan 95 B.Saran 96 DAFTAR PUSTAKA DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAFTAR LAMPIRAN

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Jul 2018 09:23
Last Modified: 25 Jul 2018 09:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item