Mitos Di Balik Iklan Cetak Shampoo Yang Di Dominasi Dengan Model Iklan Wanita Berambut Lurus/Dhony Andriawan

Dhony, Andriawan (2012) Mitos Di Balik Iklan Cetak Shampoo Yang Di Dominasi Dengan Model Iklan Wanita Berambut Lurus/Dhony Andriawan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang mitos yang terdapat pada iklan shampo yang pada umumnya di dominasi dengan model iklan wanita berambut lurus. Dengan adanya dominasi tampilan wanita berambut lurus tersebut muncul dugaan adanya mitos yang telah disepakati oleh masyarakat bahwa salah satu ciri-ciri wanita cantik adalah berambut lurus seperti yang ditampilkan pada iklan-iklan shampo tersebut. Adanya wanita yang melakukan pelurusan rambut memperkuat dugaan bahwa mitos tersebut benar-benar ada dan mampu menghegemoni serta memotivasi para wanita untuk merubah tampilan rambutnya yang tadinya tidak lurus menjadi lurus dengan cara melakukan pelurusan rambut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Iklan akan dianalisis secara semiotik dari Roland Barthes yang terbagi menjadi dua tahap signifikasi yaitu denotatif yang merupakan tampilan paling nyata dan konotatif yang merupakan arti lain yang terkandung dalam suatu teks ataupun visual yang berkaitan dengan mitos. Iklan yang akan dianalisis adalah iklan cetak yang masih tampil pada periode Januari 2012 hingga April 2012. Kesimpulan yang diambil oleh penulis bahwa iklan shampo menggunakan mitos kecantikan yang salah satunya adalah berambut lurus sesuai dengan tampilan iklan shampo yang di dominasi dengan wanita berambut lurus, dan hasil dari klarifikasi yang dilakukan dengan mewawancarai empat wanita yang telah melakukan pelurusan rambut yaitu, dua dari mereka termotivasi untuk melakukan pelurusan rambut karena melihat iklan shampo dan dua wanita lainnya melakukannya dengan alasan kemauan sendiri. Tiga dari empat wanita itu pun mengakui bahwa lingkungan sekitar mereka lebih dominan wanita berambut lurus sehingga mereka juga terhegemoni untuk memiliki rambut lurus yang dianggap salah satu ciri-ciri kecantikan menurut mitos dan tampilan iklan shampo yang menggunakan mitos rambut lurus tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mitos Di balik Iklan Cetak Shampo yang Di dominasi dengan Model Iklan Wanita Berambut Lurus.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 28 Jul 2018 03:34
Last Modified: 28 Jul 2018 03:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/5593

Actions (login required)

View Item View Item