Konstruksi Nilai-nilai Keluarga Indonesia Dalam Strategi Iklan (Studi TVC Versi Ayah Adi dan Dika/Elisabeth Novena Winarta

Elisabeth, Winarta Novena (2012) Konstruksi Nilai-nilai Keluarga Indonesia Dalam Strategi Iklan (Studi TVC Versi Ayah Adi dan Dika/Elisabeth Novena Winarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan atas tanda dan simbol keluarga dalam TVC Pepsodent versi ayah Adi dan Dika seri bobo malam sama ayam. Tanda dan simbol keluarga dalam TVC ini antara lain adalah simbol keluarga, di mana ayah dan anak melakukan kegiatan sikat gigi bersama,khususnya pada malam hari. Jika dikaitkan dengan konteks sosial, beberapa iklan barang kebutuhan rumah tangga (pasta gigi, shampo, bumbu dapur, susu anak, dan sebagainya) menggunakan perempuan untuk mengiklankan produk-produk tersebut. Hal itu tidak lepas dari peran jender yang menempatkan perempuan dalam porsi yang lebih besar dalam persoalan domestik. Sebaliknya, pria ditempatkan sebagai tulang punggung utama keluarga yang seharian sibuk di luar rumah. Representasi realitas mengenai peran jender masih relevan hingga saat ini Pola tersebut yang kemudian diikuti oleh beberapa iklan, namun TVC Pepsodent ini tidak mengikuti pola tersebut. Pria sebagai Ayah justru dalam iklan tampil turun tangan dalam mengurus dan mendidik anak, bagian yang biasanya diisi oleh perempuan. Untuk itu timbul pertanyaan mengenai makna apa yang mengikuti simbol atau tanda tersebut. Untuk membantu dalam proses analisis, penelitian dilakukan dengan analisis semiotik. Semiotik berbicara mengenai tanda. Setiap pesan pemasaran (iklan) memiliki unsur tanda dan simbol yang dapat menimbulkan interpretasi atau pengertian yang diturunkan. Dalam teori semiotik dibagi menjadi beberapa aliran, salah satunya adalah semiotik Peirce. Semiotik Peirce melihat tanda terdiri dari object, sign, dan interpretant. Hasil analisis peneliti dan hasil wawancara mendalam yang dilakukan dengan Senior Account Executive, Lowe Indonesia menghasilkan interpretasi tanda dan simbol keluarga dalam TVC ini adalah gambaran keluarga yang dapat berbagi peran, sesuatu yang dapat menginspirasi para istri atau suami dalam konsep kemitrasejajaran dalam saling membantu dan mengisi dalam semua sisi kehidupan. Realitas tersebut dibangun atau dikonstruksikan dalam sebuah TVC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semiotik, Interpretasi, Nilai Keluarga.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 28 Jul 2018 01:07
Last Modified: 28 Jul 2018 01:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/5634

Actions (login required)

View Item View Item