Analisis tingkat kepuasan pengguna Esia

Leonard, Belly (2008) Analisis tingkat kepuasan pengguna Esia. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Ringkasan.pdf

Download (113kB)

Abstract

Saat ini persaingan bisnis telekomunikasi semakin ketat. selulerperusahaan operator berusaha keras untuk mendapatkan pelanggan baru. Menurut Indonesia Development Monitoring Research (IDMR), dalam 6 (enam) bulan terakhir, perusahaan menetapkannaik harga untuk kartu perdana dengan harga terendah. Prediksi IDMR mengatakan bahwa di akhir2008, total pelanggan seluler sekitar 80,7 juta. Kondisi ini menunjukkan bahwabisnis seluler menarik dan pengembangan pasarnya sangat potensial. Menghadapi iniSyaratnya, perusahaan operator seluler mempromosikan produk unggulannya untuk menarik pelanggan baru pelanggan. Selain menjual kartu perdana dengan harga termurah, ada biaya waktu bicara persaingan antar perusahaan. Sebenarnya kompetisi ini sudah terjadi sejak 2(dua) tahun yang lalu, tetapi kita dapat melihat persaingan sejak 2 (dua) bulan yang lalu danakhirnya booming atas instruksi Menteri Komunikasi dan Informatika, Bpk.Mohammad Nuh yang akan menurunkan biaya interkoneksi. Sejak instruksi menjadi panasKabarnya, perusahaan operator seluler yang fokus pada GSM dan CDMA, menawarkan biaya waktu bicara termurah. Akibat dari biaya waktu bicara yang paling murah tersebut, menyebabkan cause efek negatif, mis. jaringan sibuk karena begitu banyak pelanggan yang mencoba menelepon. Untuk menyeimbangkan kondisi ini, setiap perusahaan memiliki manajemen strategis untuk mempertahankan pelanggan kepuasan. Ironisnya, apa strategi terbaik bagi pelanggan tidak menjamin kepuasanuntuk pelanggan karena harapan pelanggan terlalu banyak dan sebenarnya tugas utama perusahaan memenuhi harapan pelanggan yang tinggi ini. Slogan 'Pelanggan adalah A King' merupakan tantangan bagi perusahaan. Semakin 'peduli' kepada pelanggan, akan semakin pelanggan bingung untuk memilih produk terbaik, malah pelanggan merasa terjebak oleh mempromosikan yang terbaik dan terbaik. Sebenarnya itu bukan jebakan untuk pelanggan seperti yang mereka kira, tapibiaya lebih rendah yang mereka promosikan mengacu pada kondisi tertentu.Di antara semua perusahaan operator seluler, operator Esia adalah operator pertama yang memiliki total pelanggan terbanyak yaitu sekitar 3,8 juta pada bulan Juni 2007 (menurut Warta Kota). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 1.1 halaman 2. Adanya Esia tidak hanya menjadi ancaman bagi kompetitor dan juga tantangan untuk meningkatkan Esia kinerja. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang apa saja pengaruh atribut-atribut tersebut faktor kepuasan dan ketidak puasan pelanggan. Selain itu, kita dapat menyimpulkan apa yang utama alasan pelanggan CDMA dengan memutuskan Esia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:45
Last Modified: 06 Jul 2021 12:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item