Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Pengguna Kereta Api Pada PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VI Lempuyangan Yogyakarta/Ratna Sari Novianti

Ratna, `Novianti Sari (2012) Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Pengguna Kereta Api Pada PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VI Lempuyangan Yogyakarta/Ratna Sari Novianti. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beradasarkan beberapa definisi public relations yang ada, secara umum public relations bertujuan melakukan sebuah fungsi manajemen yang terencana guna mencapai tujuan sebuah organisasi. Sebuah fungsi manajemen tersebut salah satunya pada bentuk pemberian pelayanan prima. Melalui pelayanan prima yang terencana tersebut tentunya akan mempengaruhi loyalitas pelanggan sesuai dengan pelayanan yang diterimanya. Dengan demikian, apabila pelayanan yang diterima oleh pelanggan bersifat positif, maka akan berdampak pula profit bagi perusahaan dan tujuan perusahaan pun dapat tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan prima (service of exellence) PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VI Lempuyangan Yogyakarta terhadap loyalitas pelanggan kereta api. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian korelasional digunakan untuk meneliti hubungan diantara variabel-variabel dan hubungan dari variabel-variabel itu sendiri, yang disebut korelasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan kuesioner pertanyaan tertutup. Untuk melakukan analisa data mengenai hubungan antara variabel pada penelitian, maka digunakan teknik statistik dengan analisa uji korelasi dan uji regresi. Beradasarkan hasil pengolahan data menggunakan SPSS versi 17,0 for windows diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,855 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tinggi dan kuat antara variabel independent (x) pelayanan prima PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VI Lempuyangan Yogyakarta dengan variabel dependent (y) loyalitas pelanggan kereta api. Maka,dapat disimpulkan bahwa pengaruh pelayanan prima terhadap loyalitas pelanggan kereta api sebesar 72%, sedangkan sisanya yaitu 59,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 31 Jul 2018 09:39
Last Modified: 31 Jul 2018 09:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item