Perlindungan Konsumen atas Layanan SMS Premium dan Pertanggungjawaban Hukum Pihak-Pihak yang Terkait dengan Penyelenggaraan SMS Premium / R. Editya Hernugraha

HERNUGRAHA, R. EDITYA (2012) Perlindungan Konsumen atas Layanan SMS Premium dan Pertanggungjawaban Hukum Pihak-Pihak yang Terkait dengan Penyelenggaraan SMS Premium / R. Editya Hernugraha. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Layanan SMS Premium akhir-akhir ini sedang menuai kritikan tajam dimana telah semakin banyaknya keluhan pelanggan atas layanan SMS premium. Bahkan telah muncul istilah baru ditengah-tengah masyarakat dengan apa yang disebut dengan ?sedot pulsa?. Sebagian besar keluhan pelanggan terhadap layanan tersebut antara lain adalah: (1) Keluhan mengenai ketidakjelasan iklan atas layanan, (2) Keluhan mengenai merasa tidak pernah mendaftar, (3) Keluhan mengenai tidak bisa berhenti berlangganan, (4) Keluhan mengenai perpanjangan secara otomatis tanpa persetujuan aktif dari pelanggan. Layanan SMS Premium secara teknis hanya diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo No 01/PER/M.KOMINFO/01/2009 tentang Penyelenggaraan Jasa Pesan Premium dan Pengiriman Jasa Pesan Singkat (Short Messaging Service/SMS) ke Banyak Tujuan (Broadcast) dan dalam pelaksanannya layanan ini melibatkan beberapa pihak diantaranya Content Provider, Operator Telekomunikasi dan Konsumen sehingga menarik untuk dikaji hubungan hukum dan tanggung jawab para pihak yang terlibat didalamnya. Pokok permasalahan dalam tesis ini adalah Apakah hubungan hukum antara pihak tersebut telah memberikan perlindungan hukum bagi konsumen dan bagaimanakah pertanggungjawaban para pihak apabila timbul kerugian pada sisi konsumen. Penelitian Tesis ini merupakan penelitian yuridis normatif yang menitikberatkan pada data sekunder dengan desain deskriptif. Berdasarkan penelitian ini, hubungan hukum antara Content Provider dan Operator Telekomunikasi terhadap konsumen belum dapat memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen SMS Premium karena dapat berpotensi melanggar beberapa hak-hak konsumen. Selain itu pelaku usaha dalam layanan SMS Premium baik Content Provider maupun Operator Telekomunikasi keduanya dapat dikenakan pertanggungjawaban hukum baik secara pidana maupun perdata apabila terbukti memenuhi unsur-unsur pertanggungjawaban tersebut. Tesis ini juga memberikan saran terhadap perubahan Peraturan Menteri Kominfo No 01/PER/M.KOMINFO/01/2009 tentang Penyelenggaraan Jasa Pesan Premium dan Pengiriman Jasa Pesan Singkat (Short Messaging Service/SMS) ke Banyak Tujuan (Broadcast) agar dapat memberikan perlindungan hukum yang lebih baik kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, SMS Premium, Content Provider, Operator Telekomunikasi.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 02 Aug 2018 09:50
Last Modified: 02 Aug 2018 09:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/6714

Actions (login required)

View Item View Item