Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Iklan Atau Pemberitaan Yang Menyesatkan Konsumen Ditinjau Dari Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Contoh Kasus Ludmilla Arif Melawan PT. Nissan Motor Indonesia) / oleh Inovato Rustami Nugroho

NUGROHO, INOVATO RUSTAMI (2012) Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Iklan Atau Pemberitaan Yang Menyesatkan Konsumen Ditinjau Dari Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Contoh Kasus Ludmilla Arif Melawan PT. Nissan Motor Indonesia) / oleh Inovato Rustami Nugroho. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya pembangunan di segala bidang mendorong peningkatan mobilitas gerak manusia, salah satu sarananya dalam penyampaian informasi dalam media cetak. Iklan dalam media cetak merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi mengenai barang dan atau jasa dari pelaku usaha kepada konsumennya. Agar produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha memiliki nilai jual yang tinggi terkadang pelaku usaha menghalalkan segala cara. Salah satunya dengan melalui iklan yang memuat janji yang muluk-muluk mengenai kegunaan dan manfaat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen meskipun pada kenyataannya bahwa produk tersebut kegunaan dan manfaatnya tidak sesuai dengan janji yang terdapat dalam iklan tersebut. Permasalahan yang diajukan dalam penulisan ini adalah bagaimana pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap iklan atau pemberitaan yang menyesatkan konsumen. Penulis meneliti permasalahan ini dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif dan didukung dengan data wawancara. Petanggungjawaban pelaku usaha kepada konsumen dari aspek iklan secara legal formal sudah dicantumkan dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Namun pada kenyataannya pelaku usaha yang curang dalam menerbitkan iklan tersebut tidak dikenakan dengan sanksi yang sepadan sehingga para pelaku usaha tidak pernah jera untuk membohongi konsumen dalam iklan-iklan tersebut. Dalam kasus ini, peran pemerintah sangat penting, seharusnya sanksi yang dikenakan harus mengakibatkan sanksi jera kepada para pelaku usaha yang curang dan akhirnya dapat memberi ketenangan bagi konsumen sehingga terciptalah hubungan harmonis antara pelaku usaha dan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban, Perlindungan konsumen.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 03 Aug 2018 00:59
Last Modified: 03 Aug 2018 00:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/6722

Actions (login required)

View Item View Item