Analisis Putusan Hakim Terhadap Tindak Pidana Penipuan (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2454K/PID/2007 Tentang Penipuan Cek Dan Bilyet Giro)

Dwi P, Aridnus (2010) Analisis Putusan Hakim Terhadap Tindak Pidana Penipuan (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2454K/PID/2007 Tentang Penipuan Cek Dan Bilyet Giro). Informasi Detail Skripsi. p. 90. ISSN 205040083

[img] Text
6.pdf - Published Version

Download (84kB)

Abstract

(A)Nama: ADRIANUS DWI P. (NIM: 205040083) (B)Judul Skripsi: Analisis Putusan Hakim Terhadap Tindak Pidana Penipuan (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2454K/PID/2007 Tentang Penipuan Cek Dan Bilyet Giro). (C)Halaman: viii + 90 + lampiran, 2010 (D)Kata Kunci: Alasan Hakim Dalam Memutus Perkara, Hukum Pidana. (E)Isi: Pengambilan keputusan sangat diperlukan oleh hakim dalam menentukan putusan yang akan dijatuhkan kepada terdakwa. Dalam pengambilan keputusan, hakim harus mempertimbangkan ketentuan yang terdapat di dalam Kode Etik Kehakiman, Undang-Undang Kekuasan Kehakiman dan KUHAP sehingga penerapan hukum dalam putusan tersebut harus tepat. Apakah pemberian vonis bebas yang dijatuhkan oleh hakim dalam kasus tindak pidana penipuan yang terdapat dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor: 2454K/Pid/2007 sudah tepat? Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif dengan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian dalam penulisan ini diketahui bahwa putusan hakim yang menolak permohonan kasasi dari Jaksa Penuntut Umum adalah tidak tepat, karena hakim tidak melihat dengan cermat fakta-fakta yang ada dalam persidangan dengan alasan hukum yang diterapkan oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri sudah tepat. Putusan hakim tersebut mengakibatkan terdakwa divonis bebas dan korban tidak mendapatkan haknya dari kerugian yang dideritanya. Sebaiknya hakim harus lebih cermat dengan mempertimbangkan keterangan saksi dan barang bukti yang ada.

Item Type: Article
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 12 May 2017 01:33
Last Modified: 12 May 2017 01:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item