Analisis Terhadap Penyelesaian Sengketa Konsumen Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Bpsk Studi Kasus Putusan No. 6/Pen/Bpsk/Mdn/2004 Oleh Riani Junandi

JUNANDI, RIANI (2006) Analisis Terhadap Penyelesaian Sengketa Konsumen Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Bpsk Studi Kasus Putusan No. 6/Pen/Bpsk/Mdn/2004 Oleh Riani Junandi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

abstrak (A) Nama: Riani Junandi (NIM:205012024). (B) Judul Skripsi: Analisis Terhadap Penyelesaian Sengketa Konsumen Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) (Studi Kasus: Putusan No.6/Pen/BPSK/MDN/2004). (C) Halaman: vi + 74 + 2006. (D) Kata Kunci: BPSK, Hukum Perdata. (E) Isi: Dewasa ini terdapat 2 (dua) cara penyelesaian sengketa konsumen yaitu penyelesaian sengketa melalui pengadilan dan penyelesaian sengketa di luar pengadilan seperti melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Oleh karena itu menurut Pasal 1 angka 8 Keputusan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Republik Indonesia No.350/MPP/Kep/12/2001 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), pengertian Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) adalah badan yang khusus untuk menangani dan menyelesaikan sengketa konsumen antar pelaku usaha dengan konsumen di luar pengadilan. Namun banyak pihak yang tidak mengetahui keberadaan dari Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dan keputusan yang dikeluarkannya tidak dianggap penting seperti pada putusan sengketa konsumen No.6/Pen/BPSK/MDN/2004. Berdasarkan hal tersebut maka penulis hendak meneliti alasan-alasan apa saja yang dipergunakan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Medan dalam memutuskan sengketa konsumen tersebut, kendala-kendala apa saja yang dilakukan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Medan dalam memutuskan sengketa konsumen tersebut serta upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Medan agar kendala-kendala tersebut dapat diatasi. Adapun penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif dan penelitian empiris. Data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder yang dianalisis secara kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) merupakan badan penyelesaian sengketa konsumen di luar pengadilan menurut UUPK jo Keputusan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Republik Indonesia No.350/MPP/Kep/12/2001 tentang Pelaksanaan dan Wewenang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dan disarankan agar hakim di Pengadilan Negeri Kota Medan sudah harus mengakui keberadaannya dan keputusan yang dikeluarkan olehnya. (F) Acuan: 17 (1986-2004). (G) Pembimbing: Sri Bakti Yunari, S.H., M.H. (H) Penulis Riani Junandi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:46
Last Modified: 06 Aug 2018 07:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/6956

Actions (login required)

View Item View Item