Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Barang Dalam Masa Garansi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Contoh Kasus : PT Toshiba) / oleh Michelle Sutjiputra

SUTJIPUTRA, MICHELLE SUT (2012) Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Barang Dalam Masa Garansi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Contoh Kasus : PT Toshiba) / oleh Michelle Sutjiputra. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prinsip tanggung jawab produk (product liability) merupakan bentuk pertanggung jawaban secara hukum dari pelaku usaha kepada konsumen atas suatu produk. Prinsip ini muncul untuk memberikan tanggung jawab kepada pelaku usaha terhadap produk yang diproduksinya. Hal ini berlaku juga terhadap pelaku usaha/PT. Toshiba dimana salah satu bentuk pertanggung jawaban produk yang dikenakan oleh PT. Toshiba kepada konsumen Bapak Joe Kian Fa dalam hal memberikan layanan purna jual suku cadang TV Toshiba. Namun permasalahan timbul ketika tidak terpenuhinya layanan purna jual oleh pelaku usaha kepada konsumen sehingga prinsip tanggung jawab produk (product liability principle) tidak diterapkan dengan baik. Permasalahannya bagaimanakah tanggung jawab PT. Toshiba terhadap barang dalam masa garansi yang mengalami kerusakan serta bagaimana pengenaan sanksi yang dapat diterapkan kepada pihak PT. Toshiba yang tidak sesuai dengan UUPK? Penulisan ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder yang dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis menurut Pasal 19 ayat (1), (2), (5) dan Pasal 25 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen maka tanggung jawab pelaku usaha/PT. Toshiba terhadap barang dalam masa garansi milik Bapak Joe Kian Fa selaku konsumen adalah tanggung jawab produk. Sanksi yang dapat dijatuhkan juga berupa penetapan ganti rugi apabila pihak konsumen telah mengajukan gugatan ke BPSK. Adapun tindakan hukum yang dapat dilakukan konsumen yakni dengan mengajukan gugatan apabila haknya telah dilanggar oleh pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Pelaku Usaha, Perlindungan Konsumen.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 06 Aug 2018 09:18
Last Modified: 06 Aug 2018 09:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item View Item