"Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antar Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Tarumanagara Knowledge Center"./Made Dewantara.

DEWANTARA, MADE "Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antar Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Tarumanagara Knowledge Center"./Made Dewantara. skripsi.

[img] Text
Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antar Karyawan.pdf

Download (45kB)

Abstract

Salah satu komunikasi dalam organisasi yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah komunikasi interpersonal. Salah satu tujuan komunikasi interpersonal dalam organisasi adalah untuk memelihara hubungan atau komunikasi dua arah yang baik antara pihak manajemen dengan para karyawannya dalam upaya membina kejasama dan hubungan yang harmonis di antara keduanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif antara variabel komunikasi interpersonal dan variabel kinerja. Penelitian dilakukan di Tarumanagara Knowledge Center Jakarta, pada November 2010 - Januari 2011. Empat bentuk komunikasi interpersonal dalam organisasi adalah yang pertama komunikasi ke bawah yaitu komunikasi dari pihak pimpinan kepada karyawan. Kedua adalah komunikasi ke atas, yaitu komunikasi yang berlangsung dari karyawan kepada atasannya. Dan yang ketiga adalah komunikasi sejajar, yaitu komunikasi yang berlangsung antar sesama karyawan. Dan keempat adalah komunikasi diagonal, yaitu seseorang dengan yang lainnya berbeda dalam kedudukan dan bagian. Sementara kinerja adalah semua tingkat hasil kerja seorang karyawan dalam suatu organisasi. Tipe penelitian ini adalah regresi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian regresi digunakan untuk melihat tingkat pengaruh di antara variabel-variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan cara melakukan pembagian kuisioner ke semua responden. Untuk melakukan analisa data mengenai hubungan antar variabel pada penelitian, menggunakan teknik statistik dengan menggunakan analisa korelasi. Teknik statistik yang akan digunakan dalam analisa korelasi pada penelitian ini menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,751 antara variabel komunikasi interpersonal (x) dan kinerja (y), yang berarti bahwa hubungan menunjukkan korelasi kuat. Dan untuk mencari tingkat pengaruh digunakan analisa regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,707, yang berarti terdapat pengaruh yang positif antara komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan. Hubungan tersebut juga signifikan pada taraf kepercayaan sebesar 95%, atau komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kineerja karyawan secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Article
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 12 May 2017 07:55
Last Modified: 12 May 2017 07:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item