Penerapan Iso 9001-2000 Dalam Rangka Setifikasi Perusahaan Sebagai Jaminan Terhadap Perlindungan Konsumen Di Indonesia (Studi Kasus Pt Pln Persero Distribusi Jakarta Raya Dan Tangerang Area Pelayanan Bulunga) Oleh Feni Mawar Ningrum

NINGRUM, FENI MAWAR (2005) Penerapan Iso 9001-2000 Dalam Rangka Setifikasi Perusahaan Sebagai Jaminan Terhadap Perlindungan Konsumen Di Indonesia (Studi Kasus Pt Pln Persero Distribusi Jakarta Raya Dan Tangerang Area Pelayanan Bulunga) Oleh Feni Mawar Ningrum. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

ISO 9001:2000 adalah standar internasional untuk standar sistem manajemen mutu dan bukan merupakan standar produk. Sertifikat ISO 9001:2000 diberikan oleh suatu lembaga sertifikasi sistem mutu bila ada pemintaan dari suatu perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan standar yang dipilih sesuai dengan kebutuhannya. Sertifikat ISO 9001:2000 baru dapat diberikan apabila perusahaan telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Salah satu tujuan dilakukan sertifikasi perusahaan berdasarkan ISO 9001:2000 adalah untuk memuaskan pelanggan. Dalam hal pelayanan berkaitan dengan konsumen sehingga perlu diteliti mengenai hak-hak konsumen yang dapat terlindungi dengan adanya ISO 9001:2000. Untuk itu penelitian ini untuk mengetahui dampak langsung dengan diperolehnya Sertifikat ISO 9001:2000 dalam bidang pelayanan dalam upaya peningkatan hak-hak konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris atau sosiologis dan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, wawancara, dan studi dokumen yang merupakan data kepustakaan yang berupa peraturan perundang-undangan yang terkait, persyaratan standar, buku-buku, artikel, internet serta makalah. Dalam penelitian ini diketahui bahwa ISO 9001:2000 dalam rangka untuk memuaskan pelanggan harus diketahui hak-hak konsumen. Sertifikasi perusahaan dilakukan dalam upaya untuk melakukan perbaikan secara berkesinambungan. Dampak langsung diperolehnya Sertifikat ISO 9001:2000 disesuaikan dengan hak-hak konsumen yang tercantum dalam pasal 4 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan ISO 9001:2000 dan Perlindungan Konsumen D.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:55
Last Modified: 09 Aug 2018 08:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/7519

Actions (login required)

View Item View Item