PERBEDAAN HARGA DIRI ANTARA REMAJA YANG BERASAL DARI KELUARGA UTUH DENGAN REMAJA YANG BERASAL DARI KELUARGA BERCERAI. Suatu Studi Pada Empat Sekolah Kristen dan Katolik

FATIMA, FATIMA (2003) PERBEDAAN HARGA DIRI ANTARA REMAJA YANG BERASAL DARI KELUARGA UTUH DENGAN REMAJA YANG BERASAL DARI KELUARGA BERCERAI. Suatu Studi Pada Empat Sekolah Kristen dan Katolik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harga diri merupakan hal yang penting bagi remaja. Harga diri yang rendah akan menghambat perkembangan remaja secara psikologis. Pembentukan harga diri dipengaruhi oleh berbagai faktor, namun faktor yang paling berpengaruh adalah keluarga, khususnya peranan orangtua. Meskipun pada umumnya diketahui bahwa perceraian orangtua akan berdampak negatif terhadap harga diri anak, namun penelitian ini dilakukan pada sekolah-sekolah Kristen dan Katolik untuk melihat apakah terdapat perbedaan harga diri remaja yang berasal dari keluarga utuh dengan keluarga bercerai. Penelitian iini menggunakan metode non-eksperimen dengan perhitungan statistik non-parametrik karena jumlah sample yang kecil. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 48 orang yang berasal dari SLTPK Kanaan, SLTPK Anugrah, SLTP Melania II, dan SLTP Strada Mardi Utama I, yang berlokasi di Jakarta Pusat. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dengan F (3,079) pada taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa harga diri remaja dari kedua kelompok tersebut, remaja yang berasal daari keluarga utuh dengan remaja yang bersal dari keluarga bercerai, tidak memiliki perbedaan yang signifikan yang berarti ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:50
Last Modified: 08 Oct 2018 07:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item