Tinjauan yuridis terhadap tayangan iklan vegeta pada media televisi pendidikan Indonesia

DIANA, DIANA (2003) Tinjauan yuridis terhadap tayangan iklan vegeta pada media televisi pendidikan Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iklan dipergunakan oleh produsen untuk memasyarakatkan dan mempromosikan produknya. Dengan demikian diperlukan adanya suatu media untuk dapat menyampaikan iklan kepada masyarakat. Salah satu media yang dapat dipergunakan adalah media televisi. Menurut peraturan periklanan Indonesia, materi iklan haruslah jujur dan dapat dipertanggungjawabkan oleh pelaku periklanan. Ada suatu lembaga masyarakat yang mengajukan tuntutan untuk mencabut iklan vegeta versi dokter karena iklan tersebut dinilai menyesatkan dan melanggar peraturan periklanan Indonesia. PT Sari Enesis Indah sebagai produsen Vegeta sekaligus pengiklan dan PT Dwi Sapta Pratama sebagai perusahaan periklanan belum sepenuhnya bertanggung jawab terhadap konsumen dan kelihatannya selalu mencari celah terhadap peraturan periklanan Indonesia. Televisi pendidikan Indonesia sebagai media periklanan menyatakan bahwa dirinya tidak dapat dimintai tanggung jawab apalagi jika ada tuntutan dari pihak ketiga. Tanggung jawab media televisi hanyalah tanggung jawab moral terhadap masyarakat saja karena media televisi hanya memberikan fasilitas sebagai media promosi bagi produk yang diiklankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:43
Last Modified: 11 Oct 2018 02:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item View Item