HUBUNGAN ANTARA BEBERAPA CIRI PERILAKU GURU DENGAN PRESTASI SISWA - Suatu Studi Pada Siswa SLTP Swasta di wilayah Jakarta Pusat

KARMADI, CHRYSANT (2002) HUBUNGAN ANTARA BEBERAPA CIRI PERILAKU GURU DENGAN PRESTASI SISWA - Suatu Studi Pada Siswa SLTP Swasta di wilayah Jakarta Pusat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru adalah seseorang yan pekerjaannya mengajar. Mengajar bukanlah hal yang mudah karena mempunyai kompleksitas di dalamnya. Dalam proses pembelajaran, guru dan siswa membentuk interaksi yang menghasilkan hubungan saling mempengaruhi. Berdasarkan penelitian dari pendidik dan psikolog dikemukakan bahwa perilaku guru yang efektif mampu meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran dan hal ini berhubungan posituf dengan prestasi siswa. Hal yang sama diuraikan pula oleh Santrock (1998) dan Hamachek (1990). Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara beberapa ciri perilaku guru dengan prestasi siswa di lapangan. Variabel pertama adalah ciri perilaku guru. Ciri perilaku guru yang dikaji adalah ciri perilaku guru yang didasarkan pada kepribadian, ciri perilaku guru yang didasarkan pada karakteristik intelektual, yaitu berkaitan dengan cara guru mengkomunikasikan materi kepada siswa, dan ciri perilaku guru yang didasarkan pendekatan instruktusional, yaitu berkaitan denngan cara guru melakukan pengajaran. Variabel kedua adalah prestasi siswa. Prestasi adalah pencapaian atau tingkat kesuksesan dalam mengerjakan tugas. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan kuesioner sebagai alat ukur. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 165 siswa yang berasal dari lima SLTP swasta di wilayah Jakarta Pusat. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,131 (p = 0,131;p > 0.05). Hal ini berarti tidak ada hubungan yang signifikan antar beberapa perilaku guru dengan prestasi siswa. Walau demikian terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi kepribadian guru dengan prestasi siswa (p = 0,045; p < 0,05). Korelasi menunjukkan nilai 0,133 (r = +0,133) menunjukkan terdapat hubungan positif yang lemah sekali antara dimensi kepriadian guru dengan prestasi siswa. Ketidaksesuian hasil penelitian dengan uraian Santrock dan Hamachek diperkirakan karena adanya faktor lain yang terkait dengan prestasi. Dua diantaranya adalah pengaruh dari internal siswa, yaitu kebutuhan untuk berprestasi dan motivasi berprestasi, serta pengasuhan orangtua. Tingkat kekritisan siswa dalam merespon kuesioner dapat pula mempengaruhi hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Tesis > Pascasarjana
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:59
Last Modified: 12 Oct 2018 02:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/8572

Actions (login required)

View Item View Item